Resep Bolu Kukus Mekar Luvita Ho dan Sejarah Bolu Kukus

       
nyiomasxyz

Resep Bolu Kukus Mekar Anti Gagal, Dari Luvita Ho untuk Pemula

“Bikin dua kali, bantat mulu, Mbak,” keluh Nunik saat saya mengunggah foto bolu kukus sebagai gambar sampul facebook.

Punya pengalaman pahit seperti teman saya tersebut? Saya menduga kegagalan disebabkan yang bersangkutan lupa, bahwa proses membuat kue adalah pekerjaan engineering, atau pekerjaan dengan menggunakan teknologi. Proses fisika dan kimia berlangsung di sini.

Dalam proses membuat bolu kukus, setiap bahan baku saling menunjang. Contohnya telur yang tidak hanya berfungsi sebagai bahan pengikat , juga melembabkan dan mengembangkan adonan. Sehingga telur harus dikocok hingga kental dan berwarna putih, tanda telur siap melaksanakan tugasnya.

Saat mengukus bolu kukus dilarang membuka tutup steamer agar suhu  stabil, dan bolu kukus tertawa ngakak maksimal. Kualitas bahan seperti telur, air soda/baking powder/baking soda harus bagus, belum kadaluarsa, dan seterusnya ….dan seterusnya.

Baca juga:
Roti Kasur Empuk Menul Menul dan Anti Gagal, Yuk Bikin!

Brownies vs Bolu Coklat dan Resep Bolu Kukus Ketan Hitam Pandan

Daftar Isi:

  • Rahasia Bolu Kukus Bisa Tertawa
  • Bolu Kukus yang Bernama Asli ‘Chinese Steamed Egg Sponge Cake’
  • Bolu Kukus Kekinian, Lebih Legit dan Umami
  • Harumnya Bolu Kukus Pandan Resep Luvita Ho

Dari mana saya mendapat pengetahuan ini?

Tentunya dari para pakar kuliner yang gak pelit berbagi ilmu. Salah satunya Luvita Ho, gadis cantik berpipi chubby yang pada usia ke-20, berhasil menjadi Juara Master Chef Indonesia season 4 tahun 2015.

Melalui channel YouTubenya Luvita gak sekadar berbagi resep, juga menjelaskan tentang rahasia pemilihan bahan, serta tips dan trik cara pembuatannya. Jadi, dijamin anti gagal! 

nyiomasxyz
kueh neng ko (source:whattocooktoday)


Bolu Kukus yang Bernama Asli ‘Chinese Steamed Egg Sponge Cake’

Darimana sih asal bolu kukus?

Entah mengapa saya sering penasaran asal usul suatu masakan. Mungkin karena saat menggalinya akan menemukan fakta menarik. Seperti kisah roti dan ragi instan yang sekarang berfungsi untuk mengembangkan roti dalam waktu singkat.

Saya pernah menulis tentang seorang pembuat roti yang tanpa sengaja menemukan ragi. Dia menyimpan adonan roti dalam waktu lama dan terfermentasi. Setelah dipanggang, ternyata empuk dan rasanya enak.

Sementara dulu, sebelum ragi instan ditemukan. Pembuat roti harus menguleni adonan roti sampai berjam-jam lamanya. Bahkan ada yang menginjak-injak adonan roti sebelum memanggangnya di dalam tungku primitif.

Bagaimana dengan bolu kukus?

Saya belum mendapat data yang valid, tapi dari blog whattocooktoday.com dan dailycookingquest.com diketahui bahwa bolu kukus merupakan snack atau makanan kecil atau dimsum dalam istilah dari bahasa Kanton.

Bolu kukus yang dikenal sebagai Dim Sum Steamed Sponge Cake atau Chinese Steamed Egg Sponge Cake’ dikenal sebagai ji dan gao kukus dalam Cina tradisional, ada juga yang menyebutnya sebagai kueh neng ko.

Resepnya pun beragam, pemilik blog whattocooktoday.com menulis bahwa neneknya mewariskan resep Ji Dan Gao / Kueh Neng Ko secara turun temurun yang terdiri dari 4 bahan, yaitu telur, gula, tepung dan minuman bersoda. Tidak ada mentega dan minyak dalam resepnya.

nyiomasxyz
ma lai go (source: dailycookingquest)

 

Ma Lai Gao atau Dim Sum Steamed Sponge Cake dalam dailycookingquest.com menggunakan bahan yang lebih kompleks, yaitu: eggs, brown sugar, evaporated milk, unsalted butter, vanilla, all-purpose flour, baking powder, baking soda, and salt.

Hasilnya akhirnya berbeda.  Ji Dan Gao atau  Kueh Neng Ko dicetak dalam cetakan khusus bolu kukus, sehingga mekrok alias ketawa ngakak. Sedangkan Ma Lai Gao berbentuk bulat besar karena menggunakan loyang cake.

Ada panganan serupa yang disinggung pemilik blog whattocooktoday.com, yaitu Huat Kueh (Faat Koh). Menurutnya yang menjadi pembeda adalah aroma telur pada neng ko, sesuai namanyanya. Dalam bahasa Hokkien, kueh neng berarti telur ayam dan ko berarti kue. Jadi bukan kueh neng ko jika gak pakai telur ayam dong ya? 

Nah, walau huat kueh lebih bebas dalam pemakaian bahan, atau bisa dibuat tanpa telur. Namun baik huat kueh maupun kueh neng ko mewakili kemakmuran, sehingga menampilkan permukaan kueh yang  mekrok/tertawa, setelah dikukus dalam keranjang bambu dan api besar.

 

nyiomasxyz


Bolu Kukus Kekinian, Lebih Legit dan Umami

Jujur saya kurang suka bolu kukus ala Kueh Neng Ko yang hanya terdiri dari 4 bahan (telur, gula, tepung terigu dan minuman berkarbonasi). Biasanya tampil dalam warna pelangi atau 2 warna saja, seperti merah putih, hijau putih, kuning merah dan seterusnya.

Termasuk kala ada penjual yang berkreasi membubuhkan selai dalam kelopak bolu kukus. Selai strawberry untuk kelopak pink, selai melon/pandan untuk kelopak hijau dan aneka kreasi lain. Jika dalam sanck box ada bolu kukus di dalamnya, pasti saya sisihkan, untuk diberikan pada orang orang lain.

Beda halnya saat bolu kukus aneka rasa bertaburan di timeline media sosial. Ada bolu kukus pisang, bolu kukus ketan hitam, bolu kukus gula merah dan yang baru-baru ini saya coba adalah bolu kukus pandan.

Perbedaan terletak pada rasa manis legit dari gula merah, serta gurihnya santan. Bahan pengembangnya juga bukan minuman bersoda dan bahan stabilizer seperti SP atau ovalet, melainkan baking powder dan baking soda. Sehingga hasilnya, bolu kukus tetap tertawa ngakak, tapi rasanya gak pahit.

Baking soda atau soda kue atau sodium bikarbonat merupakan pengembang kue secara kimiawi. Demikian juga baking powder, keduanya berbentuk bubuk putih yang bersifat basa. Bedanya, baking powder mendapat campuran natrium bikarbonat yang sifatnya asam.

Dalam penggunaannya, baking soda membutuhkan campuran bahan bersifat asam seperti yoghurt, cuka, atau mentega, agar adonan bisa bereaksi membentuk gelembung karbondioksida. Sedangkan baking tidak membutuhkan zat asam agar adonan membentuk reaksi.

 

nyiomasxyz


Harumnya Bolu Kukus Pandan Resep Luvita Ho

Sebelum YouTube ramai dengan channel memasak, biasanya saya berkiblat pada blognya Mbak Endang Indriani:  ‘Just Try and Taste’. Melalui blog yang memuat 1000 lebih resep ini, Mbak Endang mengurai resepnya dengan cukup rinci. 

Namun narasi kerap kalah dengan penjelasan visual. Terlebih ketika juara memasak yang punya ilmu mumpuni, mengisi kanal YouTube-nya dengan video masak yang lengkap. Dengan senang hati mereka akan menjawab setiap pertanyaan. Pertanyaan yang berulang atau sulit dijawab, biasanya akan dijelaskan pada tayangan berikutnya.

Seperti resep bolu kukus pandan buatan Luvita Ho. Nampak simple karena Luvita menjelaskan dengan runtut dan lugas. Proses yang saya pikir njlimet, menjadi begitu mudah ditangannya.

Contohnya cairan hijau dari pandan dan daun suji. Beberapa resep mencantumkan harus memakai puluhan daun suji dan beberapa lembar daun pandan. Luvita sih hanya 5 lembar daun suji dan 2 daun pandan. Hasilnya cukup hijau dan wangi kok. Kebanyakan daun pandan dan suji malah bikin pahit kan ya?

Oke, langsung aja yuk kita buat bolu kukus pandannya.

 

nyiomasxyz


Resep Bolu Kukus Pandan (Resep Luvita Ho)

Bahan-bahan:

Bahan Air Pandan

  • 225 gr gula pasir
  • 5 lembar daun suji
  • 2 lembar daun pandan
  • 225  ml santan
  • 2 cubit garam

Bahan Adonan Bolu Kukus

  • 2 kuning telur
  • 45 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanilla
  • 250 gr tepung serba guna
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 95 ml minyak sayur

Cara membuat:

  1. Buat campuran 225 ml air santan dari 160 ml air dan santan kemasan 65 ml, sisihkan.
  2. Iris -iris daun pandan dan daun suji (bisa dengan pisau atau gunting), kemudian blender bersama air santan sampai lembut dan bisa disaring.
  3. Rebus air hasil saringan daun pandan dengan gula (225 gram) dan garam sampai gula larut. Sisihkan, tunggu hingga air pandan menjadi dingin.
  4. Campur bahan kering: tepung terigu, baking soda dan baking powder, kemudian saring dan sisihkan.
  5. Siapkan kukusan/steamer dengan menyalakan api. Kecuali memakai klakat, jangan lupa membungkus tutup steamer dengan kain bersih agar adonan bolu kukus tidak basah oleh uap air.
  6. Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan paper cup.
  7. Kocok telur dan gula (45 gram) hingga mengental, kemudian masukkan bahan kering, selang seling dengan air pandan dan minyak sayur. Campur rata agar tidak ada yang menggerindil.
  8. Setelah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam cetakan bolu kukus hingga penuh.
  9. Tata cetakan berisi adonan bolu kukus di dalam steamer. Jaga jarak supaya setiap bolu kukus memiliki ruang untuk mekar.
  10. Kukus selama 20 menit. Jangan dibuka-buka ya?
  11. Setelah 20 menit, angkat bolu kukus yang sedang tertawa terbahak-bahak.
  12. Sajikan.

Baca juga:

Soto Sedari Hidden Gems di Ujung Barat Kota Bandung

Sayur Lodeh untuk Pemula yang Maknyus Tenan!

24 comments

  1. Wah Mbak aku baru ngeh bolu kukus dan steamed cake itu sama ya. Kalo di Inggris kan kenapa kayanya keren banget.

    Aku sebenarnya suka bolu kukus dan baca ini jadi pengen coba buat sendiri

    ReplyDelete
  2. Kue bolu kukus kesukaan keluarga di rumah, hampir setiap hari ada bolu kukus di rumah. Alhamdulillah pas dengan tulisan ambu

    ReplyDelete
  3. Foto bolunya menul-menul menarik banget, pas banget dikasih resepnya sekalian cara bikinnya. Besok bisa dicoba di Hari Minggu.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih resepnya Ambu, akhirnya Hari Minggu kemarin bikin karena penasaran... :-D

      Delete
  4. Istri saya sering gagal buat bolu kukus, gak mengembang dan tertawa maksimal hehe. Haruw coba resep ini, apalagi saya suka varian dan aroma pandan

    ReplyDelete
  5. Bolu kukus salah satu kesukaan aku
    Tp utk bikin sendiri kuranng mahir tampaknya. Dulu bikin donat aja ga ngembang
    Resepmya boleh nih di save dulu

    ReplyDelete
  6. Ternyata ya Mbak. Bikin bolu kukus aja tuh ada ilmu yang perlu kita pahami. Apalagi untuk menghasilkan bolu kukus yang mengembang (ketawa) dan memiliki rasa enak di lidah. Saya selalu salut untuk mereka yang berprofesi sebagai cook/chef. Ilmu dan tenaganya jempolan banget.

    BTW, blognya lebih cantik loh sekarang. Fontnya ramah di mata dan enak untuk dilihat. Headernya juga kece. Good job Mbak Maria.

    ReplyDelete
  7. Oh iya Ambu, jadi ingat zaman aku TK, suka menantikan bude bikin bolu kukus.
    Selain memang suka banget sama kue yang satu ini karena lembut, juga suka pas masaknya kudu buka spr*te, hehehe...jadi modus bikin bolu kukus, aku bisa dapet bonus minumannya.

    Ternyata budeku gak tau ya.. kalau kuncinya bukan di minuman bersodanya, tapi di baking powder dan baking sodanya.

    Pencerahan buat cobain resep bolu anti gagal ala Luvita Ho.

    ReplyDelete
  8. Ga sabar Mbu pengen praktik langsung bikin bolu kukus terbahak. Hahaha...
    Udah enak, bentuknya juga menarik ya kalau mengembang dengan tepat

    ReplyDelete
  9. Resep dan tips dari Luvita Ho ini menarik buat dicoba. Aku sebenernya udah lama berhenti mencoba bikin bolu kukus tertawa, karena nggak pernah berhasil :)) Gantinya, aku bikin bolu kukus biasa aja. Yang penting bisa dimakan dengan riang.

    ReplyDelete
  10. Bisa dibookmark dulu nih resepnya Ambu, buat dipraktikkan saat mood untuk berbakingan muncul hehw

    ReplyDelete
  11. waahh blu kukus kesukaanku inih dari kecil. blom pernah buat sendiri, suka beli aja di toko langganan. gak pede kalo mau buat sendiri. mau dicontek ahh resepnya mba

    ReplyDelete
  12. Cantik sekali ini bolu kukusnya, Ambu. Beneran ngakak maksimal hasilnya.
    Memang ya mesti ada tips & triknya dan ini jika diikuti dijamin anti gagal. Saya jadi penasaran intip channel Luvita Ho, kalau visual begini penjelasan rinci mudah diikuti.
    Makasih sharing-nya, Ambu.
    Favorit nih kalau jajanan model kukus begini di rumah.

    ReplyDelete
  13. jadi inget saya pernah bikin bolu kukus mekar, eh gak mekar wakakak, sekarang lebih seneng bikin bolu kukus seperti brownis kukus pakai double pan. Tapi kayanya aku mau pakai resepmu mbak, sesekali mau bikin lagi karena anakku suka banget bolu kukus ketawa

    ReplyDelete
  14. Sayang mpo gak suka nih sama kue bolu kukus. Karena pakai telur putih jadi suka mencium bau. Sukanya bolu kukus gula Jawa.

    ReplyDelete
  15. Bolu kukus sy suka banget. Tuk beginers memang kadang masih sj ada kegagalan dlm membuatnya. Harus belajar lagi.

    ReplyDelete
  16. Cantik-cantik bentuknya. Apalagi cita rasnaya. Pasti gak perlu diragukan lagi. Bikin ngiler deh

    ReplyDelete
  17. Jadi inget suka penasaran kalau lagi ngukus. Suka buka buka tutupnya. Saya paling suka juga kalau bolu kukus ketaea ngakak tapi berhati eh bertekstur lembut. Wangi dan nggak nempel di gigi. Haha.. saya jdi kebawa bercanda sejak baca bagian bolu kukus ketawa ngakak

    ReplyDelete
  18. Saya doyan banget nih menyantap kue bolu kukus (sukanya yang varian vanila cokelat) sambil menyeruput kopi atau teh panas. Pasnya saat pagi maupun sore hari tuh, entah ditemani lembaran koran, buku bacaan, atau hp untuk scroll timeline medsos hahaha..

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah bikin Bolu Kukus Mekar, cuma pernah lihat aja. Kebayang sih kalau bantet pasti aneh. Nanti coba dipraktikkan deh ya

    ReplyDelete
  20. Baru tahu ternyata bolu kukus yang biasa kami makan ada nama Tiongkoknya, "Chinese Steamed Egg Sponge Cake" panjang juga hehe. Ini kue wajib kalau ada acara di desa, karena makannya enak banget dan anak maupun dewasa semua suka. Legit dan manis. Ngiler nih, Ambu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yakin, yang menciptakan nama "bolu kukus" itu karena buat mengirit bolpen, waktu kuenya mau dijual di pasar dan tinta buat nulisin stiker namanya mau abis..

      Delete
  21. istilahnya menarik ambu, bolu kukus ketawa alias bolu kukusnya bisa mengembang / mekar hehe. Dari tampilannya aja udah menarik, nggak ada alasan hari libur Qurban nyoba di rumah. Mumpung lagi semangat "bongkar" alat dapur, makasih resepnya :))

    ReplyDelete
  22. Mantap, nih. Susah lo bikin bolu kukus. Kalau ada resep antigagalnya pasti sangat membantu.

    ReplyDelete