Soto Sedari Hidden Gems di Ujung Barat Kota Bandung

    
    
nyi_omas


Soto Sedari Hidden Gems di Ujung Barat Kota Bandung

Apa nama masakan yang lintas usia, lintas waktu dan lintas rasa? Jawabannya mungkin bisa bermacam-macam. Tapi menurut saya sih: Soto! Walau mungkin bukan makanan favorit, tapi mulai dari balita hingga kakek ninen gak menolak soto.

Soto merupakan masakan yang luwes, bisa dimakan pagi, siang sore. Soto juga bisa disantap oleh penyuka sambal, maupun si anti sambal.

Minim bumbu, kaya rempah, mungkin menjadi penyebab soto disukai sejuta umat manusia. Bumbunya hanya bawang, garam dan merica. Rempahnyalah yang kaya, seperti jahe, kunyit, serai, dan daun salam. 

Penampilan soto juga menarik, malah cenderung genit! Disajikan dengan nasi dan kondimen soto, kemudian disiram kuah dan diberi topping sesuai jenis sotonya, bisa emping, kacang kedelai, irisan daun seledri dan bawang merah goreng.

Daftar Isi

  • Si Genit Soto, Kuliner Sejuta Umat
  • Soto Sedari, Hidden Gems di Barat Kota Bandung
  • Soto Sedari, Destinasi Tepat Keluarga Anda

Mungkin karena disukai sejuta umat, soto dengan berbagai variannya berdatangan di Kota Bandung, menambah marak khazanah kuliner Bandung.

Termasuk Soto Sedari di Jalan Sudirman 642 Bandung, atau lebih tepatnya di ujung Barat Kota Bandung. Cukup cerdik, sebab di lokasi ini juga ada destinasi oleh-oleh biskuit Tunggal yang terkenal dengan bolu bakarnya.

Ingin kuliner asli Bandung? Nah, hanya sekitar 100 meter dari biskuit Tunggal, bisa banget jajan mie kocok H. Amsar yang sangat terkenal. Sebelum menempati lokasi yang cukup representative, dulu H. Amsar berjualan di trotoar, lengkap dengan gerobak dorongnya.

Lain kali saya tulis ya? Karena walau dekat rumah, saya belum sempat nyicipin mie kocok H. Amsar nih.😢😢

 

nyi_omas


Soto Sedari, Hidden Gems di Barat Kota Bandung

Semangkok dari Indonesia, rupanya itulah arti Sedari. Surprised juga, semula saya pikir Soto Sedari merupakan cabang dari Jogja atau Solo atau kota-kota lain yang terkenal dengan sotonya.

Oiya, mungkin belum ada yang tahu bahwa soto Bandung sangat berbeda dengan jenis soto lain. Sepintas soto Bandung mirip sop karena bening tanpa kunyit. Isinya potongan daging sapi dan irisan lobak. 

Diberi taburan kacang kedelai, bawang goreng dan seledri, rasanya gurih segar, enggak heavy seperti soto Betawi, soto Medan, soto Bogor serta soto sarat bumbu dan bersantan lainnya.

Sementara soto Sedari, tertulis:

Resep kami diracik spesial oleh tangan-tangan yang sudah berpengalaman belasan tahun. Soto Sedari hadir menyajikan racikan unggulan aneka soto, yaitu Soto Betawi, Soto Pedas dan Soto Boyolali untuk kepuasan konsumen dalam bentuk yang lebih modern di sebuah tempat yang nyaman dan pelayanan yang baik.
Dengan kata lain, walau muncul di Kota Bandung, namun soto Sedari tidak mengambil soto Bandung sebagai ide racikan, melainkan Soto Betawi, Soto Pedas dan Soto Boyolali untuk diolah dan disajikan dalam bentuk baru.

 

nyi_omas


Seperti soto oseng, saya memesannya sesuai rekomendasi petugas Soto Sedari. Yang bersangkutan menerangkan keunikan terletak pada daging soto berbumbu yang dioseng/ditumis dengan kecap, sebelum disajikan.

  

nyi_omas


Ternyata harus menunggu agak lama, sebelum akhirnya muncul sepiring nasi, semangkok kuah santan dan sepiring kecil daging sapi. Aroma kecap menguar tajam dari tumisan daging sapi..

Rasanya? Yummm…. pastinya lezat.😋😋😋 Ciri khas daging sapi yang telah dibumbui dan diungkep hingga empuk, kemudian ditumis dengan kecap, bawang dan tomat,  sebelum disajikan bersama kuah santan dan nasi.

Soto oseng ini merupakan rangkaian menu kekinian yang menjadi andalan resto Soto Sedari, yang lainnya adalah:

  • Soto Oseng Paru
  • Soto Geprek Crispy
  • Soto Oseng Mercon
  • Soto Sum-sum Betawi

Sesudah menyimak daftar menunya, saya nyesel kok gak pesan ‘Soto Oseng Mercon’. Hahaha kayanya asyik. Asyik karena pedas seperti mercon! Okelah next time kesini lagi saya akan memesan Soto Oseng Mercon.

Selain paket kekinian, Soto Sedari juga menyediakan nasi soto standar seperti: Soto Betawi Gurih, Soto Pedas Rempah, Soto Boyolali Kampung, dan Soto Pedas Telor Kampung.\

Paket soto kurang mengenyangkan? Soto Sedari memberikan alternatif ‘upsize porsi’ atau nambah Rp 8.000, dan pembeli akan memperoleh nasi soto dengan porsi lebih banyak.

Bagaimana minumannya? Saya memesan es lemon tea. Rasanya standar, enggak luar biasa. Soto Sedari nampaknya memang menitikberatkan pada menu utamanya yaitu soto, sehingga pilihan minumannya sangat familier, seperti minuman teh dengan berbagai variannya: es/hangat/manis/tawar, kemudian es jeruk/jeruk panas, es kopi/kopi panas serta jus manga, jus alpukat, jus naga serta es shanghai.

 

nyi_omas


Soto Sedari, Destinasi Tepat Keluarga Anda

Gak mudah membangun kuliner di Bandung. Terlebih soto dengan range harga Rp 35.000. Mereka harus bersaing dengan penjual  soto seharga Rp 10.000/mangkok yang bertaburan hingga pelosok Kota Bandung

Cara membuat soto yang teramat mudah, serta bahan baku/bumbu/rempah yang cukup murah, membuat banyak orang tertarik membuka usaha kuliner soto. Bandingkan dengan mie kocok dan mie bakso yang membutuhkan bahan baku khusus, ketrampilan serta waktu pembuatan yang cukup lama.

Agar pembeli tertarik datang, penjual harus menawarkan lokasi santap yang nyaman, atau kalau bisa sih instagramable. Cara ini rupanya dilakukan Soto Sedari. 

Walau dari depan nampak biasa saja, namun ruangan luas dengan meja kursi yang tertata rapi menyambut pengunjung. Ruangan keluarga siap digunakan, lengkap dengan high chair atau kursi makan anak.

Fasilitas cuci tangan dengan hiasan cermin berbagai bentuk dan jenis, menyergap mata pengunjung di area sebelah kanan resto. Area ini memang diperuntukan bagi pengunjung yang ingin membasuh tangan, ke kamar kecil, dan salat. Karena resto menyediakan musala yang bersih dan nyaman.

Jika ada kekurangan dari resto Soto Sedari adalah lokasinya yang kurang familier bagi pengunjung di luar Kota Bandung. Wisatawan domestik yang menggunakan kendaraan pribadi umumnya masuk ke Kota Bandung dari arah Jalan Pasteur. Mereka hanya tahu seputar Jalan Dago, Jalan Merdeka, Jalan Braga dan Alun-alun Bandung.

Demikian pula pendatang yang masuk Kota Bandung melalui bandara Husein Sastranegara. Paling banter mereka akan mencari kuliner di sepanjang Jalan Pajajaran.

Sementara Jalan Sudirman, walau seperti Jalan Pasteur dan Pajajaran,  terletak di ujung barat Kota Bandung, kurang dikenal pendatang. Diperparah dengan adanya jalan satu arah, kawasan ini menjadi kurang diminati. Jangankan wisatawan, penduduk Bandung pun banyak yang gak familier dengan daerah ini.

  

nyi_omas kitchen


Jadi, gimana dong? Ada tips termudah menuju resto Soto Sedari? 

Gampang, gunakan aja GMap, atau pesan via GoFood/GrabFood

Setuju kan? 😀😀

Baca juga:
Sayur Lodeh untuk Pemula yang Maknyus Tenan!

Resto Soto Sedari Bandung (Pusat) Jalan Sudirman No.624 (Sebelah Grand Ball Room Sudirman) / 081802127661 .
Soto Sedari Express (Cabang) Bandung Foodlife Yogya Sunda Heritage (Lantai 4)  Jalan Sunda no 60. Bandung
Suara Pelanggan
Sotosedari@gmail.com
HOTLINE : 083820600220
Delivery via Go Food / @grabfoodID .

22 comments

  1. Oooooh, ternyata Semangkok dari Indonesia ya Sedari itu hehehe. Harga yang 35K memang susah2 gampang bersaing dengan soto yang 10K an. Tapi kalau enak banget dan udah punya pangsa pasar menjanjikan, ga masalah deh, lariiiis terus ya khan? Ambu, aku tuh penggemar soto. Soto apa aja aku suka tapi khusus daging ayam dan daging sapi heheh. Soto Bandung yang ada lobaknya juga doyan akuuuh :D Tempatnya nyaman ya, cocok buat makan bareng keluarga. TFS :)

    ReplyDelete
  2. Unik ya ambu cari pengambilan namanya SEDARI Semangkok dari Indonesia. Terkadang nama unik ini yang menjadi daya tarik untuk orang mencoba walaupun harga cukup mahal dibanding harga 10K soto lainnya. Tapi menu yang ditampilkan menggiurkan kok. Biasa'kan soto ayam, daging. Tapi ini ada oseng mercon, geprek crispy. Ah jadi penasaran mau coba nih
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  3. Walaupun saya jarang mengunjungi kota Bandung, tapi soto Sedari ini saya prioritaskan deh. Penasaran dengan deskripsi kelezatan ala Ambu... Gambarnya nya sangat estetis, memancing pembaca untuk segera mencicipi hidangan lezat di Soto sedari

    ReplyDelete
  4. Namanya lucu ya. Semangkok dari Indonesia. Tapi bener sih. Soto itu kayaknya emang favorit. Meski akan ada favorit lain selain soto. Tapi kebanyakan orang nggak akan menolak kalau disuguhi soto. Apalagi dengan keunikan lain yang ditawarkan.

    ReplyDelete
  5. Soto sedari sepertinya enak ya, harganya sudah murah juga cuma 8k, dan kalo di tempat sy di Lampung harga soto masih terendahnya 6K. Soto memang makanan fleksibel, rempahnya juga memang melimpah dan semua kalangan bisa menikmati.

    ReplyDelete
  6. Soto sedarinya boleh dicoba di kemudian hari jika ada kesempatan ke Bandung.

    ReplyDelete
  7. Kekuatan rasa dan harus punya keunikan baru bisa bersaing dalam harga. Namun, tetap percaya kalau rejeki gak akan kemana ya

    ReplyDelete
  8. daerag tempat tinggal saya Lamongan juga punya soto khas nya lho ambu, kuahnya kuning bening aja tapi seger dipadu dengan jeruk nipis dan taburan seledri dan bawang goreng jadi mantep banget

    ReplyDelete
  9. Sedep bener.. Baca tentang Soto Sedari ini pas aku lagi laper, menggugah selera banget. Kapan ke Bandung buat nikmatin soto racikan khusus ini. Pantes dikasih istilah hidden gem karena perlu gmaps buat enggak kesasar hehehe

    ReplyDelete
  10. Harga bukan masalah besar kalau rasa sudah melekat di lidah ya mbak. Dengan rasa Dan kwalitas memadai tentu tak mengapa merogoh kocek lebih dalam ya mbak

    ReplyDelete
  11. wih foto sotonya bikin ngiler mbu. Saya penasaran sama soto oseng merconnya. kayaknya mantap tuh dimakan sama nasi putih anget. Dan ada cabangnya ya di Yogya Sunda? nti kalo kesana mau coba ah.

    ReplyDelete
  12. Kuah sotonya menggoda sekali. Tempatnya juga terlihat bersih dan nyaman. Semoga ada kesempatan mengunjungi Soto Sedari pas main ke Bandung. Terima kasih rekomendasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em banget kak,
      Bisa jadi rekomendasi memang, soalnya rasa soto tiap daerah punya ciri khas, siapa tahu ada kesempatan bisa mampir ke sana juga

      Delete
  13. Baru sadar ternyata soto di Indonesia itu beragam sekali ya,dan ke semuanya punya khasnya masing-masing. Sebagai orang yang juga cinta banget sama soto saya ikutan peasaran sama soto sedari ini, nantilah kalau main ke bandung nyobain. Terima kasih reviewnya.

    ReplyDelete
  14. Oh jadi SEDARI itu Semangkok Dari Indonesia yaa. Tapi kalau ngomongin soto, meski diluar negri tetap ngangenin banget soto dari indonesia. Apalagi soto yang enak banget, enggak bohong sih kalau ada harga ada rupa

    ReplyDelete
  15. Kebetulan, aku ada rencana ke Bandung pas bulan ini atau bulan depan. Semoga saja bisa melipir icip Soto Sedari. Suka banget soalnya sama kuah soto..

    ReplyDelete
  16. Oalah pantes mirip mirip soto Betawi ternyata modify soto Betawi. Tapi aku pribadi masih lebih suka soto bening hehe. Dan bener banget soto bisa dimakan kapanpun ya Mbu.

    ReplyDelete
  17. Tengkyuu rekomennya Mbaak. Boleh lah dicoba kapan2 pas ke Bandung.

    ReplyDelete
  18. Sekarang jadi tau makna sedari, ku kira awalnya itu istilah dri kota mana gitu, ternyata singkatan aja ya. Unik2 jga menunya

    ReplyDelete
  19. Sebagai pecinta soto, suami saya pasti bakal seneng banget nih kalau diajak ke warung soto pas kita liburan ke Bandung. Makasih rekomendasinya ya, Kak

    ReplyDelete
  20. Wah, harganya untuk semangkuk soto mayan banget ya. Tapi demi menikmati varian soto yang unik, kayanya nggak masalah deh. Biasanya soto kan ya standar gitu aja.

    Tapi bener sih kata mbak, kalau soto tuh paling aman di lidah. Jadi kalau pas main ke kota mana, nggak tahu kudu makan apa, ya udah pesen soto aja. Terus kalau lagi jajan di luar, dan bingung menentukan menu, suamiku juga suka ajaknya ke warung soto.

    Soto di Indonesia juga beraneka ragam ya... ada yang kuahnya cair, ada yang pakai santan dan kentel, Macam-macam euy.

    ReplyDelete
  21. Duh ini mah sotonya bikin ngiler banget, kangen banget ih buat kulineran di Bandung

    ReplyDelete