Rahasia Sepeda Motor Tua Rasa Baru

  
nyi_omas.id

Rahasia Sepeda Motor Tua Rasa Baru


“Mamah mau ke mana? Saya anterin”. Duh, serasa berbunga-bunga dengernya. Walau anak saya mengajak dengan wajah “lempeng”, tanpa ekspresi dan sambil menatap layar ponsel. 

Sekilas nampak cuek banget anak saya nomor tiga ini. Tapi “don't judge the book by its cover”,  dia peduli banget pada mamahnya yang malas pergi sendirian. Sementara, karena kesibukan dan tinggal beda provinsi, anak saya hanya bisa pulang ke Bandung, 2-3 kali dalam setahun. 

Sebetulnya, seiring perkembangan teknologi, hampir seluruh kebutuhan tercukupi via online. Namun sebagai mahluk sosial, kita harus merawat silaturahmi, minimal setahun sekali saya mewajibkan diri untuk mengunjungi kerabat yang tinggal di Bandung.

Baca juga
Cara Mudah Belanja di Alfamart dengan Memanfaatkan Uang Kembalian

Gahar Tanpa Kompromi, Berapa Harga ASUS ROG Phone 7?

Daftar Isi

  • Rutin Service Motor, Bikin Perjalanan Jauh Jadi Nyaman
  • Service Sepeda Motor? Wajib Cek 8 Bagian ini
  • Keunggulan Servis Motor di Planet Ban

Termasuk kemarin, kami ke saudara sepupu ayahnya anak-anak. Rumahnya di ujung barat Kota Bandung, sementara saya tinggal di ujung timur (Kabupaten Sumedang). Jauh banget!
Saking jauhnya, pulang pergi 8 jam dong. Dan ditempuh dengan sepeda motor!

Pertimbangannya supaya tidak terjebak macet. Lalu lintas Kota Bandung kan malesin, bahkan kawasan sekitar pintu tol sering macet parah.

Walau bermacet ria dan naik sepeda motor tua (Yamaha Mio tahun 2012), kami berdua enjoy aja. Motor terasa baru kembali karena selalu di  “check up” setiap anak saya pulang ke Bandung.

Service Sepeda Motor? Wajib Cek 8 Bagian ini:

“Tubuh manusia aja dirawat, masa kendaraannya gak. Nanti mogok dia,” kata anak saya.
Dia menjelaskan, bahwa agar bisa beraktivitas normal, manusia harus memperhatikan asupan tubuhnya, seperti vitamin, mineral, refreshing, “me time” dan apa pun itu. 

Demikian pula motor, harus dicek dan dirawat saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya, supaya bisa berfungsi optimal.

Untuk perawatan sepeda motor, setiap pulang ke Bandung, anak saya selalu membawanya ke Planet Ban untuk memeriksa 8 bagian ini:

1. Oli Mesin

Apa jadinya sepeda motor tanpa oli mesin? Pastinya mesin motor bakal panas dan bersuara bising. Karena oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin.

Sehingga rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli motor setelah mencapai jarak tempuh 2500 Km. Biayanya meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti oli

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

maria-g-soemitro.com

2. Oli Gardan

Selain oli mesin, pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Rumus penggantian oli gardan sangat mudah, setelah 2x ganti oli mesin, pengguna motor harus mengganti  1x oli gardan.

3. Kampas Rem

Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan adalah kampas rem atau brake pads. Kampas rem merupakan salah satu komponen dalam sistem pengereman sepeda motor yang berfungsi untuk menekan bagian cakram atau dinding tromol bagian dalam, sehingga daya gesek yang diberikan mampu memperlambat dan menghentikan putaran roda.

Rem akan menjadi kurang pakem jika kampas rem sudah tipis dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Jadi penting banget mencek kondisi kampas rem ketika melakukan service motor.

4. Busi

Motor sulit dinyalakan? Salah satu penyebabnya busi motor mengalami masalah. Sesuai fungsi busi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil menjadi percikan api yang akan membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar.

Karena busi motor merupakan komponen yang pemakaiannya tidak tahan lama, ganti busi secara periodik. Agar biar lebih mudah diingat, ganti busi setiap dua kali mengganti oli motor.

5. Filter Udara

Untuk menunjang performa sepeda motor, salah satu komponen yang wajib dicek adalah filter atau saringan udara. Fungsi filter udara untuk penyaring kotoran pada udara bebas dari luar yang masuk ke ruang bakar.

Saringan udara yang kotor bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Juga membuat terhambatnya volume udara yang masuk ke ruang bakar, akibatnya campuran antara bahan bakar dan udara jadi tidak seimbang.

Umumnya mekanik merekomendasikan ganti filter udara untuk motor matic adalah setiap 12.000 km-15.000 km atau 12-15 bulan sekali.

6. Aki atau Accu

Apa yang terjadi jika aki motor lemah? Tarikan motor lebih berat, biasanya dialami oleh motor-motor injeksi. Karena untuk menyalakan fuel pump, injector dan sistem kabut membutuhkan arus listrik stabil.

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Umumnya, aki motor memiliki masa pakai sekitar 2 tahun atau lebih tergantung kualitas aki dan kondisi pemakaian.

7. Ban

Fungsi ban motor mirip organ kaki pada tubuh manusia. Selain punya peran penting dalam operasional, ban berfungsi menyangga beban berat pada kendaraan, baik itu penumpang maupun barang bawaan, serta membantu pengendara dalam memudahkan untuk berubah arah.

Pada saat service motor, mekanik akan memeriksa tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Tune up motor  merupakan proses mengembalikan performa motor ke performa standar. Mekanik biasanya akan memeriksa komponen-komponen yang berkaitan, seperti tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Setelah pemeriksaan, mekanik akan menginformasikan apakah harus dilakukan penggantian oli mesin, ganti oli gardan atau penggantian sparepart. Jika setuju barulah mekanik melakukan perbaikan, sehingga motor aman dan nyaman ketika digunakan.


nyi_omas.id


Keunggulan Servis Motor di Planet Ban

Motor diservis supaya gak timbul masalah, ya? Tapi sering banget sesudah servis motor malah timbul masalah lainnya. Karena itu penting banget punya langganan servis motor terbaik. 

Walau selama kepergian anak saya, sepeda motor parkir dengan manis di garasi, setiap pulang ke Bandung, dia pasti meluangkan waktu membawa sepeda motor untuk servis ke Planet Ban. Dia gak mau motor yang dipakainya selama liburan di Bandung tiba-tiba bermasalah.

Ada point penting yang jadi alasan anak saya selalu service motor di Planet Ban, yaitu servisnya cepat, biayanya hemat dan performa motor serasa baru kembali.

Ketiganya sangat penting, ya? Jangan sampai waktu habis selama motor diservis. Biaya servis motor harus terjangkau. Dan pastinya bakal senang banget jika performa motor sepertu baru kembali. 

Nah Planet Ban memiliki sistem servis terpadu, sehingga seluruh komponen motor, termasuk bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, bisa dicek dengan cepat. Berikut ini beberapa keunggulan servis motor di Planet Ban:

  • Pasca service, performa dan proteksi motor meningkat, karena menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi, yang membuat mesin lebih awet.
  • Sparepart asli, sehingga motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Tidak boros biaya service. Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali.
  • Emisi dan polusi dari motor berkurang, yang berarti ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup.
  • Sangat teliti dan apik dalam membersihkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. Berbeda dengan tempat lain yang masih meninggalkan banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Akibatnya motor terasa berat.

Banyak banget ya keunggulan servis motor di Planet Ban? Gak heran keberadaan Planet Ban hingga pelosok Indonesia (anak saya ke Planet Ban Jatinangor, Sumedang) karena setiap pemilik motor tentunya gak nolak motor lamanya serasa baru kembali. Tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Dengan semua keunggulan tersebut, biaya service motor di Planet Ban sangat hemat. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Ingin servis cepat, biaya hemat dan performa motor serasa baru kembali, sehingga bisa menempuh jarak jauh tanpa kawatir seperti kami? Sekarang pastinya tau dong ya harus kemana?

Baca juga:
Keberlanjutan, Kunci Sukses Berkebun Vania Febriyantie

Mumpung Gratis, Yuk Kunjungi 5 Destinasi Wisata Bandung dengan Teman Bus

18 comments

  1. aku seriiingg ketemu Planet Ban di surabaya

    daann memang banyak yg puas bgt , karena service nya sebaguus itu
    keren khanmaen yahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya ribuan cabang Mbak, gak heran di Bandung coret pun ada.

      Delete
  2. Yang namanya mesin ya Mbak. Wajib banget dirawat. Apalagi jika digunakan terus menerus, sering dan dengan volume atau beban yang banyak. Tubuh kita aja perlu diistirahatkan apalagi benda mati yang gak bisa protes meski capeknya sudah kelewatan.

    Dengan merawat mesin juga kendaraan kita jadi gak rewel, gak ngambekan dan nyaman selalu untuk digunakan. Berasa banget loh antara yang dirawat dan dibiarkan begitu saja. Saya nih paling rewel soal jadwal rutin kontrol mesin kendaraan. Selalu mengikuti waktu yang sudah ditentukan bengkel. Jadi alhamdulillah, baik motor maupun mobil di rumah mesinnya terawat dengan baik.

    BTW, naik motor 8 jam apa gak KO tuh pinggang. Ya ampun. Kuat aja sih Mbak hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PLANET BAN tentunya punya banyak fasilitas yang membuat kita nyaman untuk merawat kendaraan bermotor kita. Banyak sekali pilihan jasa yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan atau keluhkan.

      Delete
    2. hahaha iya anakku maunya naik sepeda motor karena malas macet-macetan

      Delete
  3. Kalau tidak diservis wah bisabterbayangkan ini bagaimana mesinnya dan juga dampak yang dikeluarkan dari si knalpotnya ya. Jadi memang sebaiknya cek secara berkala

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Fenni, jangan penumpangnya aja yang dirawat

      Delete
    2. nah iya Ambu,
      kalau penumpangnya aja rajin perawatan pakai skincare, masa iya itu kendaraan yang dipunya gak dirawat ya? hehe, cuss rutin kan..

      Delete
  4. Oli motor itu ibarat darah bagi manusia ya. Sangat penting dan harus dipastikan kondisinya.
    Saya yg kemana mana selalu pakai motor, karena hanya itu yg kami punya, hehehe jadi tahu mengecek secara rutin itu memang penting. Jadi tahu kondisi kendaraan, mana yang rusak bisa segera diperbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang lebih mudah dan praktis ya Teh Okti?
      Apalagi jalan-jalan di Indonesia umumnya sempit

      Delete
    2. Betul Bu
      Di kampung saya apalagi, ga ada angkot, kendaraan roda empat gak terjangkau. Jadi kendaraan roda dua alternatifnya. Makanya disayang dan diurus semaksimal mungkin dengan rutin service

      Delete
  5. Suka takjub kalau ada bloger cewek nulis soal otomotif. Semoga abis ini udah gak ada lagi kasus motor cewek turun mesin karena gak pernah diganti olinya, ya. Wkwkw

    ReplyDelete
  6. Motorku tuh masih yang manual itu loo, Ambu..
    Jadi agak skeptis juga.. "Apakah bisa tetap hemat BBM kalau Servis Motor di Planet Ban?"

    Tapi karena sekarang bengkel Planet Ban sangat mudah ditemukan di Bandung, gak ada salahnya kita coba dan semoga jadi lebih "bandel" lagi mesinnya.

    ReplyDelete
  7. Iya banget Ambuu. Rasanya Planet Ban tuh ada banyak sekali di Bandung. Mungkin karena selain harganya terjangkau, pelayanannya juga ramah ya.
    Ambu pulang pergi Sumedang-Bandung naik motor 8 jam kah? Amazing, sehat-sehat Ambu. Tapi kalau dirawat sebaik ini motornya insya Allah aman ya Ambuu.

    ReplyDelete
  8. Biaya service di Planet Ban ini terjangkau banget ya ambu, so. gak usah takut rajin-rajin service motor kita disini.

    ReplyDelete
  9. Mesin memang harus dicek secara berkala ya, kalau ga di cek bisa gawat tuh.. btw Planet Ban emang sebagus itu, kalau mau servis motor pasti ke Planet Ban terdekat ^^

    Kalau rajin-rajin di cek, motor jadi nggak cepet rusak meskipun udah bertahun-tahun dipakai ya

    ReplyDelete
  10. Katanya kalo cewek tuh, asal motor masih bisa jalan dipikirnya nggak masalah..padahal penting banget ternyata untuk cek rutin. Apalagi motor ibarat kaki yang dipakai kesana kemari. Sekarang service ternyata bisa ke Planet Ban ya. Jadi deket rumah..nggak ada alasan lagi untuk telat service. Hehe

    ReplyDelete
  11. Planet Ban lokasinya dimana ya kak? Kayaknya belum ada deh di daerah kami. Di Bengkulu. Atau mungkin akunya aja yang kudet. Hehe

    ReplyDelete