Ada Sayuran Ngumpet di Chicken Nugget dan Potatoes au Gratin

 
nyiomas.my.id

Ada Sayuran Ngumpet di Chicken Nugget dan Potatoes au Gratin


Maks, apa yang paling challenging selama Ramadan? Yup, menyiapkan menu makanan sahur! Khususnya untuk anggota keluarga. Tantangannya selain agar tetap bergizi, selera makan mereka muncul juga harus dipertimbangkan dampak negatifnya.

Karena itu saya auto mengernyitkan dahi  ketika YouTuber Devina Hermawan, yang juga merupakan jebolan Master Chef Indonesia season 5, melalui channel memasaknya membuat konten nasi goreng kampung yang pedas sebagai ide sahur dan berbuka puasa.

Buka puasa mungkin oke ya? Tapi nasi goreng pedas untuk sahur? Walah, bisa-bisa perut bermasalah saat puasa esok harinya. Beberapa pakar medis juga memberitahu dampak negatif sahur dengan nasi goreng.

Sesuai dengan namanya, nasi goreng membutuhkan minyak goreng dalam prosesnya. Nah, makanan berminyak ini bikin kita lebih mudah haus.

Tapi tentu saja gak bisa nyalahin mereka yang memilih nasi goreng untuk sahur. Nasi goreng sangat mudah dibuat dan praktis. Bahkan bisa ditambahkan berbagai macam sayuran di dalamnya untuk menambah konsumsi serat.

Baca juga
Leunca, Hidangan Lezat dari Tanah Pasundan

Arem-arem Mie Solusi Bekal yang Gurih dan Nagih!

Daftar Isi:

  • Nasi Goreng untuk Sahur, Praktis sih Tapi …
  • Wortel yang Ngumpet di Dalam Chicken Nugget
  • Potatoes au Gratin untuk Ngumpetin Brokoli

Bicara sayuran, ini memang tantangan banget ya? 

Namun mungkin karena terbiasa dengan menu (yang selalu ada sayuran) almarhum ibunda,  dulu semasa masih ngekost sebagai mahasiswi, saya selalu memasak sayur. Andai jajan nasi rames-pun, pasti harus ada sayur.

Karena itu, suka atau tidak suka, “disentuh” anak-anak atau tidak, setiap hari saya pasti masak sayur. Mulai dari sayuran mudah seperti tumis kangkung hingga cap cay yang lumayan belibet.

Gimana dengan Ramadan? Sama saja. Tapi biasanya saya memilih sayur sup atau sayur lodeh, sehingga bisa untuk berbuka dan sahur.

Lho kok menu sayur untuk berbuka sama dengan waktu sahur?

Walah nyerah deh jika harus memasak sayuran berbeda antara waktu berbuka dan sahur. Saya lebih memilih lauknya yang berbeda, seperti ayam goreng yang telah diungkep untuk berbuka di hari pertama dan ketiga, di waktu sahur saya menggoreng chicken nugget.

Nah, saya bikin sendiri chicken nugget. Pertimbangannya, selain kuantitas (dengan uang yang sama, jumlahnya lebih banyak), kualitas (daging ayamnya lebih banyak) juga bisa disisipi sayuran seperti wortel.

 

nyiomas.my.id
maaf foto seadanya, foto chicken nugget terbaru gak sengaja kehapus 😭😭


Wortel yang Ngumpet di Dalam Chicken Nugget

Ternyata nilai gizi wortel rebus lebih tinggi dibanding wortel mentah lho. Semula saya heran, tetapi ketika searching dan membaca beberapa artikel, berikut ini rinciannya:

  • 4,7 gram serat terdapat di dalam 170 gram wortel rebus, sedangkan wortel mentah hanya mengandung 3,4 gram serat dengan jumlah wortel yang sama.
  • 55 kalori terkandung di dalam 170 gram wortel rebus, sedangkan wortel mentah hanya mengandung 50 kalori dengan jumlah wortel yang sama.
  • 46,8 miligram kalsium terdapat di dalam 170 gram wortel rebus, sedangkan wortel mentah hanya mengandung 40,4 miligram kalsium dengan jumlah wortel yang sama.

Sayangnya proses mencuci dan memasak wortel membuat kandungan vitamin C hilang atau menurun. Demikian pula kadar magnesium. 12 miligram magnesium terkandung di dalam 100 gram wortel mentah, sedangkan wortel rebus hanya mengandung 10 miligram magnesium dengan takaran yang sama.

Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, menyelundupkan wortel dalam chicken nugget selain menambah nutrisi, juga memberi rasa manis pada chicken nugget.
Berikut resepnya:

Resep Chicken Nugget with Carrot

Bahan:

  • 300 gram fillet ayam
  • 50 gram wortel, serut dengan parutan keju
  • 2 lembar roti tawar / 30 gr tepung roti
  • 50 ml susu
  • 1 butir telur
  • 1 sdm bawang putih goreng
  • 1 sdm bawang merah goreng (boleh diganti bawang Bombay tumis)
  • 1 sdm tepung sagu / maizena
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk / penyedap (optional)
  • 2 sdt gula
  • ¼ sdt merica
  • 1 sdt garam

Bahan pelapis

2 butir telur (kocok)
50 gram tepung terigu
50 gram tepung panir

Cara Membuat:

  1. Siapkan loyang segi empat yang pas dengan kukusan/steamer, olesi minyak dan alasi dengan kertas roti.
  2. Rendam roti tawar dengan susu, sisihkan.
  3. Haluskan ayam fillet dan bumbu-bumbu (garam, gula, kaldu bubuk, dan merica) dengan chopper atau food processor.
  4. Jika sudah membentuk adonan, tambahkan rendaman roti tawar, telur, bawang putih, minyak, air, bawang goreng, seledri, tepung sagu, kemudian proses lagi.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang, rapikan, dan kukus selama 25 menit, angkat dan biarkan dingin.
  6. Jika sudah dingin, potong nugget sesuai selera (bisa persegi panjang atau segitiga), lumuri semua nugget dengan tepung terigu
  7. Celupkan nugget ke dalam kocokan telur kemudian balurkan dengan tepung panir hingga rata
  8. Goreng secukupnya dengan minyak panas. Sisanya bisa disimpan di dalam freezer.

 
nyiomas.my.id

Potatoes au Gratin  untuk Ngumpetin Brokoli

Saya baru tau dari seri kamus kulinernya Femina, au Gratin adalah metode memasak untuk mendapat efek burn atau kecokelatan pada permukaan hidangan. 

Jauh sebelumnya, saya mengenal makanan Perancis ini dari majalah Femina cetak edisi zaman baheula. Masakan yang ngeju dan creamy ini terbuat dari irisan kentang yang ditata di dalam loyang, dilapisi parutan keju dan saus keju, kemudian dipanggang hingga kecoklatan.

Untuk mendapatkan efek coklat dan crunchy, au gratin diberi topping remahan roti (tepung panko) dan keju parut.

Nah sebagai emak yang gemar ngumpetin sayur, brokoli pun jadi sasaran untuk diumpetin ke dalam lapisan au gratin. Gak salah sih karena banyak chef dan food youtuber yang juga kerap menggunakan berbagai sayuran, seperti brussel sprout ke dalam au gratin.

Yuk atuh kita bikin:

Resep Potatoes au Gratin with Broccoli

Bahan:

  • 500 gram kentang, iris tipis, rebus
  • 1 bonggol brokoli ukuran besar atau 2 ukuran kecil

Bahan saus keju:

  • 3 sdm margarin
  • 3 sdm tepung terigu
  • 500 ml susu
  • 100 gram keju cheddar
  • ½ sdt garam
  • ⅓ sdt merica
  • 1 butir telur kocok
  • Topping
  • Keju cheddar parut
  • Tepung panko secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan loyang/mangkuk tahan panas, olesi margarin, sisihkan.
  2. Potong-potong brokoli, rendam air garam, kemudian kukus selama 6-8 menit.
  3. Buat saus keju, panaskan margarin kemudian masukkan tepung terigu, masak hingga berubah warna. Masukkan susu sedikit demi sedikit agar tercampur rata. Tambahkan keju cheddar, garam dan merica bubuk.
  4. Ambil sesendok adonan keju, campur ke dalam kocokan telur (proses tempering), kemudian masukkan seluruh kocokan telur ke dalam saus keju.
  5. Tata kentang rebus di dalam loyang, lapisi dengan brokoli, lapisi lagi dengan saus keju, kemudian kentang rebus dan terakhir saus keju sebagai lapisan atas.
  6. Taburi au gratin dengan parutan keju dan tepung panko (kebetulan stok saya habis, jadi hanya menggunakan parutan keju.
  7. Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat selama 30 menit (tergantung ovennya, karena proses ini hanya untuk menghasilkan warna coklat/burn

Sajikan Potatoes au Gratin with Broccoli dalam keadaan hangat bersama chicken nugget with wortel, hmmm….yummy.

Bukan tanpa alasan saya memilih brokoli untuk menu berbuka dan sahur. Sayuran ini selain kaya akan serat, konon membuat anak merasa kenyang lebih lama.

Jadi, berjuta alasan anak gak suka sayur. Berjuta cara pula emak menyiasati agar anak mau makan sayur. Setuju?

Baca juga:
Warung X-Treme Tanjungsari dan Etika Review Kuliner

Sayur Lodeh untuk Pemula yang Maknyus Tenan!

 Keterangan foto di atas: cabe rawit hanya hiasan dan gak pakai tepung panko karena stoknya habis

15 comments

  1. Baca ini jadi ingat dulu ketika anak sulung saya masih bayi, seketika saya jadi hebat dalam memasak.
    Saya pernah dong bikin chicken nugget pakai wortel dan brokoli, tapi pakai terigu sih dan tepung sagu ya.
    Luar biasa sih, untuk saya yang benci dapur ini, saking si sulung dulu alergian :D

    ReplyDelete
  2. Kalau saya harus bereksperimen supaya anak-anak mau makan bayam. Mereka gak suka disayur bening. Padahal sayur lainnya pada doyan. Brokoli cuma direbus aja mereka suka. Nah, bayam yang jadi PR. Suka saya umpetin di perkedel atau saya kasih saus keju. Batu deh mereka mau makan bayam.

    ReplyDelete
  3. Kalau saya harus bereksperimen dengan bayam. Anak-anak gak suka disayur bening. Padahal sayur lainnya mereka doyan. Brokoli cuma direbus aja mau makan dengan lahap. Tapi, kalau bayam harus saya umpetin di perkedel atau dikasih saus keju.

    ReplyDelete
  4. Resepnya perlu dicontek ini, secara anak saya malas makan sayur kalau hanya dimasak sayur tok, tapi kalau diumpetin ke dalam nuget, dan makanan olahan kentang berkeju au gratin gini malah lahap memakannya, kan emaknya yg nggak kreatif memasak jadi bingung. Makasih sebelumnya, Ambu.

    ReplyDelete
  5. Kalo di rumah saya, setidaknya selama ramadan ini, di rumah hanya bikin sayur rebus aja. Tapi kemudian disiram sama kuah kecap yang sudah diolah dengan ebi, bawang-bawangan dan beberapa bumbu dapur lainnya. Kuah yang bisa juga disiram di atas ceplok telor atau gorengan ikan. Kuahnya distok yang banyak. Jadi selalu siap.

    ReplyDelete
  6. Menyiapkan beragam menu agar tidak membosankan selama ramadhan ini memang pekerjaan rumah banget ya, Mba. Ini dapat ide menarik bisa buat nugget dengan wortel tentu ada sehatnya ditambah sayuran gitu.

    ReplyDelete
  7. kalau urusan wortelnya bisa dibuat kombinasi keknya
    adakalanya di rebus, adakalanya pula disantap mentah
    jadi setiap selang hari dapat pemenuhan kandungannya yang plus minus itu

    ReplyDelete
  8. Wah, ternyata di dalam kentang ada brokolinya ya. aku baru tahu ada teknik masak kayak gini.

    Kalau aku sahur puasa kadang pakai nasi goreng karena bapak yang masak, biar nasinya cepat habis. efek habis ada hajatan saudara. Jadi dapat nasi berkat, eh nasinya kebanyakan. hehehe

    ReplyDelete
  9. Kak sepertinya saya bakalan recook potatoes au gratin with brokolinya deh... Terlihat yummy banget ya, menarik mana gizinya banyak cocok banget deh

    ReplyDelete
  10. Wah saya baru sadar dari artikelnya Ambu kalau misalkan makan nasi goreng pas sahur itu bikin gampang haus soalnya berminyak. Kayak di tempat kenyataan aja gitu soalnya dulu tuh pernah sering banget makan nasi goreng Pas sahur dan emang kayak lebih haus gitu.

    Ambu effort banget karena nuggetnya dibuat sendiri bukan nugget yang beli Udah jadi , udah gitu sehat pula karena ada wortelnya. ternyata wortel lebih besar nilai gizinya setelah dikukus ya

    ReplyDelete
  11. Ambuuu.. kreatif banget mencoba menu-menu baru.
    Meskipun uda gak punya anak kecil, menu-menu dengan sayur ngumpet ini aku juga sukaa.. Jadi kesannya, "Aah.. masakan keju nih.." tapi ternyata, kalorinya lengkap.

    Nuhun resep Potatoes au Gratin -nya Ambu.

    ReplyDelete
  12. setuju ambu, btw, aku juga sering recook resep masakan devina hermawan. KArena penjelasannya detil dan 90% tidak pernah gagal. 10% kadang, bahan yang seharusnya ada, tapi tidak saya masukkan, hhe. Ijin recook resep nuggetnya ya ambu

    ReplyDelete
  13. waw enak nih kayanya seru buat di recook pasti anak aku suka deh nih, masakan2 western gini tuh favoritnya dia bgt, thx udh berbagi resepnya ya ambu

    ReplyDelete
  14. Potatoes au Gratin with Broccoli aduh kirain sesusah namanya kalo bikin sendiri...
    Ternyata bisa lah recook resep ambu ini mah hihi
    Pas kayanya buat sahur biar gak ngantuk anak-anak...
    Baru tau juga kalo au Gratin itu nama metode masak heehee

    ReplyDelete
  15. Wuih keren banget nih resepnya, jadi pingin nyobain kak. Btw selamat menjalankan ibadah puasa ya....

    ReplyDelete