Resep Chocolate Banana Cake yang Creamy dan Tips Anti Gagal

        
        

www.maria-g-soemitro.com


Resep Chocolate Banana Cake yang Creamy, Nyoklat dan Legit dari Joy of Baking

Harum chocolate banana cake matang menguar memenuhi rumah, tak lama kemudian oven bernyanyi menandakan kudapan tersebut telah matang. Tak sabar menunggu dingin, saya menyuap sesendok, hmm…tekstur creamy mengelus lidah, dengan sensasi nyoklat atau rasa coklat yang pekat, serta rasa legit yang berasal dari manisnya gula dan pisang matang.

Padahal semula saya ragu-ragu, kok resep chocolate banana cake ini banyak banget bahan cairnya (susu, minyak goreng dan air kopi). Tapi tetap saya praktekan, mengingat proporsinya sesuai resep jadul yang menggunakan ukuran gelas belimbing, yaitu: 1 tepung + 1 gula+ 1 minyak goreng/susu/air dan 2 telur.

Dengan kata lain, jika pingin bikin cake dan malas bongkar catatan resep, pakai saja resep tersebut, pasti jadi dan enak. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan segar (belum apek), dan mengocok telur sampai mengembang.

Baca juga:
Roti Gambang, Kudapan Jadul yang Enaknya Kebangetan!

Resep Bolu Kukus Pandan Anti Gagal, Dari Luvita Ho untuk Pemula

Daftar Isi:

  • Kaget, Chocolate Banana Cake Joy of Baking ini Creamy, Nyoklat dan Legit!
  • 5 Tips Anti Gagal Membuat Cake
  • Resep Chocolate Banana Cake dari Joy of Baking

Kembali ke kisah resep Chocolate Banana Cake, saya menggunakan resepnya Stephanie Jaworski, pemilik channel Joy of Baking yang telah diunggah di channel YouTube-nya 11 tahun lalu.

Wow pisan kan? Sebelum para food YouTuber memenuhi YouTube dengan kalimat-kalimat bombastisnya, Joy of Baking sudah eksis. Gak heran Mbak Endang Indriani, pemilik blog ‘Just Try and Taste’ sering mengutip blog ‘Joy of Baking’. 

Ini membuktikan ‘Joy of Baking’ sangat professional. Stephanie Jaworski paham, kedua platform ini saling melengkapi. Video (YouTube) mempermudah penjelasan, seperti langkah-langkah membuat kue. Namun, karena kemampuan mengingat manusia umumnya terbatas, resep juga tercantum di blog sekaligus untuk sharing kisah seputar resep tersebut.

5 Tips Anti Gagal Membuat Cake/Bolu untuk Pemula

Dibalik kesuksesan, ada kegagalan. Demikian kurang lebih penjelasan Devina Hermawan, jebolan Master Chef Indonesia session 5 yang channel YouTube-nya meraup banyak subscribers. 

Devina bilang, setiap resep telah dia uji berulangkali sehingga dia mampu menjelaskan resep makanan secara detail, seperti manfaat penambahan tepung XYZ, bahan A bisa dihilangkan atau diganti dengan bahan C, dan seterusnya.

Nah, tips Devina, Luvita Ho  serta banyak narasumber lain menjadi sangat banyak jika dikumpulkan. Untuk kali ini saya tulis 5 tips dulu ya?

  

www.maria-g-soemitro.com

Jangan Asal Pilih Resep

Sudah menjadi rahasia umum, platform dengan konten resep masakan sangat disukai. Bahkan orang yang malas masak juga menyukai sebagai tontonan/hiburan. Gak heran pemasang iklan memilih blog dengan niche masakan dibanding jenis konten lainnya.

Akibatnya, banyak yang membuat blog berisi konten masakan hasil copy paste blog lain, atau asal bikin postingan. Foto masakan dan resepnya,  kan banyak tersebar di media sosial dan mesin pencari. Sesudah jadi blog ber-niche food, pasang Google Adsense deh dia untuk mendulang uang.

Ngeselin kan? Hasil jerih payah blogger mempraktekkan resep kemudian memotretnya (swear memotret butuh effort yang lumayan besar), eh seenaknya dicuri tanpa izin. Ups mencuri emang gak pakai izin ya?

Jadi, agar tidak tertipu resep dari blog gak jelas, penting banget untuk hanya menggunakan resep dari para ahli. Seperti milik ‘Just Try and Taste’ milik Mbak Endang Indriani, ‘Natural Cooking Club’nya Ibu Fatmah Bahalwan dan masih banyak lagi.

Untuk Youtube, saya pernah menulisnya di sini, nanti saya tambah ya?
5 Rekomendasi Channel Food YouTuber Untuk Usaha Kuliner

 

www.maria-g-soemitro.com


Gunakan Ukuran Standar

Ulah content creator ‘ngawur’ lainnya adalah pemakaian takaran sendok (makan) ; dalam resepnya. Sendok makan kan banyak jenisnya, selain itu gimana ngukurnya? Apakah 1 sendok peres? 1 sendok muncung penuh? Atau 1 sendok muncung sedang?

Di episode-episode awal, Luvita Ho mencantumkan ‘ukuran ml’ untuk bahan telur, tujuannya untuk meminimalisir kegagalan pada orang yang mempraktekkan resepnya. Baru kemudian dia mengganti ‘ukuran ml’ dengan telur ‘ukuran besar’ yang menandakan ukurannya kurang lebih sama.

Jika ukuran volume telur bisa mengakibatkan kegagalan/ketidak sempurnaan pembuatan bolu, apalagi ukuran sendok? Bahkan apabila sekelompok orang menggunakan sendok makan yang sama dalam membuat kue, hasil konversi 10 sendok makan setiap peserta ke gram, bisa dipastikan akan berbeda jauh dengan peserta lainnya.

 

www.maria-g-soemitro.com


Siapkan Bahan Baku dengan Lengkap

Almarhum ibunda saya pernah nangis sekaligus ketawa, cake buatannya berbentuk aneh. Setelah ditelisik, dia baru ingat lupa menambahkan bahan tepung ke dalam adonan!

Saya pun kerap mengalami. Selalu ada kesalahan konyol yang saya lakukan, seperti kebingungan mencari topping cake, sementara adonan sudah siap panggang. Lupa meletakan bahan ketika sedang proses mengadoni. Tragedy terakhir, saya memasukan tepung terigu alih-alih tepung tapioca ke dalam adonan siomai. Berhasil jadi siomai sih, tapi rasanya aneh dan bentuknya gak cantik.

jadi jangan lupa, persiapan menjamin 50 persen kesuksesan.

   

www.maria-g-soemitro.com


Baca Instruksi Resep dengan Seksama

Misal ada kasus, ketika akan menuang hasil pengocokan putih telur, ternyata sudah membentuk 2 lapisan, yaitu:  Cairan dibawah dan busa di atas. Apa yang harus dilakukan? Tuang semua? Atau hanya pilih busa putih telurnya?

Jawabnya: Hanya pilih busa putih telur! Kemudian campur rata dengan adonanlain dengan cara aduk balik.

Semua tips tersebut tercantum di resep, termasuk step-step agar memanaskan oven/steamer selama pembuatan adonan agar perangkat tersebut siap memanggang/mengukus cake/bolu.

Jadi, jangan lalaikan step by step yang telah ditulis dengan rinci oleh content creator jika ingin sukses membuat cake/bolu.
    

www.maria-g-soemitro.com

Perhatikan Kualitas Bahan Baku

Ingin membuat cake berbentuk cantik dan beraroma harum? Pastinya ya? Karena itu penting banget mempersiapkan hanya bahan segar sebelum mulai proses membuat cake/bolu.

Pernah nih, akibat tidak konsentrasi, saya salah mengambil telur.Akibatnya bisa ditebak, telur sulit mengembang saat dikocok, dan baunya amis/hanyir.

Jika sudah begini, penambahan vanilla ekstrak gak ngaruh. Adonan harus saya buang. Hiks sedih banget melihat sekian banyak bahan (mentega, gula dan lain lain) yang turut terbuang.

    
www.maria-g-soemitro.com


Resep Chocolate Banana Cake dari Joy of Baking

Di lamannya, Stephanie Jaworski  menulis bahwa ‘Chocolate Banana Cake’ merupakan adaptasi buku Best Summer Weekends Cookbook yang ditulis oleh Jane Rodmells.
Cocok dibuat dan disajikan hidangan penutup yang lezat dalam pertemuan keluarga. Atau sebagai breakfast yang disajikan bersama yoghurt dan buah-buahan.
Saya setuju banget, perpaduan pisang dengan coklat yang lumayan banyak membuat cake ini creamy, nyoklat tapi enggak enek. Malah nagih!

Dalam resep tercantum chocolate ganache sebagai frosting, sehingga ketika disuap, sensasi rasanya bikin wow! Pingin lagi dan lagi, sampai gak kerasa udah memasukkan seperempat loyang chocolate banana cake.

Untuk penampakan resep kali ini saya tidak menggunakan chocolate ganache sebagai frosting karena  lemari es di rumah Tanjungsari sangat terbatas. Takutnya aroma cake terkontaminasi sayuran dan daging. Jadi terpaksa di simpan di luar, dalam suhu ruang cake yang hanya tahan 3 hari saja. 

      

www.maria-g-soemitro.com


Resep Chocolate Banana Cake:

Bahan Chocolate Banana Cake

  • 230 grams (1 ¾ cups) tepung serbaguna
  • 75 grams ( ¾ cup) cocoa powder
  • 6 grams (1½ teaspoons) baking powder
  • 6 grams (1½ teaspoons) baking soda
  • 2 grams ( ½ teaspoon garam
  • 350 grams ( 1 ¾ cups) gula pasir
  • 2 telur ukuran besar
  • 250 grams (1 cup/ 2 buah ukuran besar) pisang lumatkan
  • 240 ml (1 cup) air/ air kopi (sesuai selera, bisa menggunakan nescafe. Saring dulu jika menggunakan kopi tubruk)
  • 120 ml (½ cup) susu
  • 120 ml ( ½ cup) minyak sayur/canola oil
  • 6 grams (1½ teaspoons) vanilla extract

Bahan  Chocolate Ganache

  • 225 gram dark cooking chocolate (DCC), cincang halus.
  • 180 m heavy whipping cream
  • 14 grams (1 sendok makan) mentega

Cara Membuat Chocolate Banana Cake:

  1. Panaskan oven dalam suhu 180 ˚C dan siapkan loyang ukuran 23 x 33 cm dengan mengolesi margarin dan alasi dasar loyang memakai kertas roti, agar mudah diangkat ketika cake matang.
  2. Buat adonan pisang dengan melumatkan pisang, campur rata dengan susu, minyak sayur dan air, sisihkan.
  3. Campur bahan kering: tepung terigu, cocoa powder, baking powder, baking soda dan garam, saring, sisihkan.
  4. Aduk gula dan telur dengan menggunakan whisked (kocokan telur manual) hingga tercampur rata, gak harus sampai mengembang. Tambahkan tepung, bergantian dengan adonan pisang, terakhir tuang vanilla ectract. Aduk rata saja, jangan terlalu lama agar kue tidak bantat.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang dan panggang selama 35-40 menit (tergantung oven masing-masing). Test tusuk untuk memastikan cake telah matang.
  6. Setelah matang, dinginkan cake di atas cooling rack.
  7. Buat chocolate ganache dengan memanaskan heavy whipping cream dan mentega, jaga jangan sampai mendidih, cukup keluar gelembungnya saja, angkat.
  8. Dengan menggunakan whisked, campur cairan whipping cream dan DCC cincang sampai menghasilkan ganache yang kental.
  9. Jika chocolate banana cake telah dingin, hiasi dengan chocolate ganache. Simpan dalam lemari es hingga waktu penyajian. Yummmm….lezat.

Gimana? Siap baking membaking setelah saya share 5 tips anti gagal membuat bolu/cake? Atau pilih jajan aja? Kulineran emang gak ada matinya ya? Apalagi sambil traveling. Nah teman blogger saya, Shyntako punya blog berisi kisah traveling, kuliner, beauty and health, serta masih banyak lagi.

Review terbarunya tentang menu yang wajib dipesan di Sushi Tei akan sangat membantu sebelum berangkat kulineran ke resto Jepang yang telah berdiri sejak tahun 1994 dan dijamin kehalalannya tersebut.

Baca juga:
Banana Oatmeal Muffin (Resep Farah Quinn) Kudapan Sehat di Hari Lebaran

Brownies vs Bolu Coklat dan Resep Bolu Kukus Ketan Hitam Pandan


34 comments

  1. Resepnya maknyus nih Bu
    Musim hujan begini masih panas baru keluar dari oven, mantap disantapnya ditemani minuman favorit. Bisa sekali habis satu loyang sendiri hehehe

    ReplyDelete
  2. Membuat bolu dengan resep dan ketrampilan akan menghasilkan kue istimewa di waktu yang diinginkan

    ReplyDelete
  3. Banyak yang harus diperhatikan ya, apalagi kalau mau re-cook resep A. Diceki-ceki dulu takarannya sendok atau gram. Karena hasilnya memungkinkan gak mirip, malah bisa aja gagal ya?

    ReplyDelete
  4. Hallo ambu,
    Aku setuju kata Devina Hermawan bahwa dalam membuat resep harus di uji coba dulu dan pastinya mengalami kegagalan. Jujur ambu, aku kalau buat kue seringkali gagal. Ada aja yang kurang padahal sudah lihat resep. Memang harus terus mencoba ya. Penasaran nih resep yang dari ambu, coba ya aku praktekan
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  5. wah resep Chocolate Banana Cake dari Joy of baking ini sudah diupload 11 tahun yang lalu. Wow banget ya, sebelum booming era youtube, dia sudah berkreasi dan didokumentasikan dalam bentuk video.

    Copas resep, ini juga sering saya temui mbak. Cari resep lewat google, pas buka beberapa link kok isinya sama

    ReplyDelete
  6. Baru lihat pic nya aja sudah ngeces nih... Secara dari dulu banana cake itu favoritku.
    Gak pake babibu lagi deh, langsung aku copas resepnya ke istri...
    Semoga Resep Chocolate Banana Cakenya lebih lezat dari keindahan pic nya

    ReplyDelete
  7. Akkhirnya post resep bolu lagi ya mom...
    Resep bolu pisang adalah salah satu resep yang kucari karena bisa menyelamatkan pisang yang sudah sangat matang agar masih bisa diolah...

    ReplyDelete
  8. Agaknya semuanya jadi "menggampangkan" karena ada konsep anti gagal ini yaa, Ambu.
    Padahal tetep kudu dilihat dengan teliti takaran dari masing-masing bahan.
    Tapi aku pernah Ambu, bikin bolu percobaan pertama, berhasil. Bikin lagi yang kedua, pas dingin, si bolunya keraaasss banget. Huhuu..

    Memang masak tuh harus banget diiringi dengan perasaan hoy of Baking.
    Seperti yang tertulis dalam buku Best Summer Weekends Cookbook Jane Rodmells.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan daku baru engeh kalau mau re-cook resep gak bisa sembarang resep kita ikutin. Jadi kudu memilih dengan tepat juga

      Delete
  9. keliatan enak bannget, langsung mau recook ah :D

    ReplyDelete
  10. Waduh, enak nih kayaknya. Bakalan disuka keluargaku kalo kue cokelat begini. Kepengen bikin. Tapi huhu... oven listrikku lagi bermasalah. Kadang panas banget, kadang gak panas. Mau nyoba beli otang alias oven tangkring. Temen-temen lain pada jago soalnya baking pake otang. Izin contek resepnya ya ambu. :D

    ReplyDelete
  11. Pembaca yang bersiap baking membaking, ini ada resep boleh dicoba

    ReplyDelete
  12. Waah sepertinya enak banget. Mau nyoba bikin ah spesial buat pemula kaya aku gini. Anti gagal pasti 😊

    ReplyDelete
  13. Kesannya memang kadang baca resep kayak mudah, tapi beneran, tanpa perhatian yang teliti pada tiap drtaillnya, resep apapun selalu harus dipelajari benar.
    Aku sepajat ssma pendapat mbak Maria jika konten masakan selalu menarik.
    Aku amati di FB termasuk juga yang begitu.
    Konten masakan selalu ramai pengunjung.

    ReplyDelete
  14. Asiiikk. Resep mantuull bisa aku jadikan panduan kalo mau baking

    Selama ini aku bikin chocolate banana cake pake kukusan, Ambu

    Rasanya mayan enaaaakkk. Moist jugaaa dan lebih muraaahhh ketimbang beli d toko

    ReplyDelete
  15. Bagus banget nih tips anti gagal bikin cake nya... Istriku pasti seneng baca ini. Dia paling hobi baking.
    Izin aku share ke istri ya Ambu... TFS

    ReplyDelete
  16. Samapai hari ini saya ga pernah sukses bikin banana cake bantet melulu hehehe tapi saya mau coba deh resep Ambu semoga banana cake saya sukses seperti bikinan Ambu

    ReplyDelete
  17. Ambu, spill jenis pisangnya yang cocok untuk resep ini dong. Saya tinggal di salah satu daerah sentra pisang, tapi malah jadi bingung krn kebanyakan varian yang masing-masing punya karakteristik dan rasa khas tersendiri

    ReplyDelete
  18. klo bikin kue jd inget dulu mamaku kalo bikin tuh suka fail alias gagal alias bantet, aku mau share ah tipsnya buat mama yg skrg masih suka bikin kue kaya gini

    ReplyDelete
  19. Kue nya enak dicoba disaat spare time bersama keluarga. Resep kuenya disimpan dahulu.

    ReplyDelete
  20. Ambu bilang anti gagal? itu belum berlaku di saya.
    Saya ga pernah berhasil yang namanya masak memasak 😭
    Memang saya lbh baik duduk diam munggu masakan slesai dan tinggal makan 😂
    Saya bertugas membereskan dapur saja sepertinya

    ReplyDelete
  21. Iya terlihat creamy dan legit gitu ya Mba, beneran harus nyoba sih ini apalagi detail banget resep dan step by step-nya. Semoga bisa berhasil :D

    ReplyDelete
  22. Suami saya tuh paling suka channel Joy of Bakin. Seneng dia nontonnya. Informatif dan menurut suami, gampang dipraktekkan. Ada sisi entertainmentnya juga. Kalo saya sih lebih suka nonton channelnya Devina, karena dia sering ada usulan ingredients seandainya kita gak punya bahan yang dia sebutkan. Cara masaknya juga santai. Gampang ditiru.

    BTW, saya mengenal banana cake itu dari almh mertua. Enak banget. Sejak itu jadi suka dengan banana cake. Asal manisnya gak kelewatan.

    ReplyDelete
  23. Kelengkapan bahan baku sangat menentukan hasil jadi nantinya ya. Saya sering saved resepnya, tapi lama bahkan banyak yg tidak pernah dieksekusi. Heheh, salah satu alasannya ya kurang lengkap bahan baku. Secara di kampung ini mau beli bahan yang agak bagus itu susah. Termasuk beberapa bahan untuk bikin kue kekinian

    ReplyDelete
  24. Wah lamanya saya tidak baking Mbak. Melihat resep Mbak jadi pengen nyobain, apalagi di rumah lagi ada nenek yang hanya bisanya makan makanan lembut.

    ReplyDelete
  25. Biasanya aku taunya bolu pisang tuh gak dipakein cokelat. Ini unik banget pake cokelat. Jadi pengen nyobain, simpen dulu ah resepnya. Makasih ambu.

    ReplyDelete
  26. Jangan asal pilih resep sama
    sendok takaran bahan ternyata penting banget ya, Ambu. Duh jadi pengen bikin juga Chocolate Banana Cake, creamy lezat pastinya. Makasih sharing resepnya ya Ambu

    ReplyDelete
  27. Wah, kayaknya enak nih! Dan gampang juga cara bikinnya. Weekend ini bikin ah~

    ReplyDelete
  28. Wah membayangkan enaknya brownies dari campuran pisang dan coklaf jadi pengen jyga nyobain resepnya nih. Makasi ya sudah sharing

    ReplyDelete
  29. Aku diajarin Ibuku kemarin pas main ke Bandung, Ambu.
    Jadi sekarang lebih percaya diri kalau baking. Memang kudu banget baca instruksi. Karena kalau gagal, uda bisa dipastikan ada treatment bahan yang kurang tepat nih..

    ReplyDelete
  30. Wuahh nyoklat banget itu pasti! Jadi teman me time sambil baca novel favorit kayaknya, nikmat ya? Hihi. Ntar cobain aahh!

    ReplyDelete
  31. Resep baru lagi nih mba.. biasanya Kalo bikin bolu pisang ini gàk pernah ditambahin coklat .. kucoba nih mba resepnya, buat cemilan anak2

    Aku Juga punya blog kulineran cuma jarang diisi padahal yg lihat banyak bnget itu

    ReplyDelete
  32. Sampai hari ini saya sih belum pernah sukses bikin banana cake Ambu, ajaib deh, kalo ga "basah" banget dengan pantat gosong, bantet dan ... rasanya jadi ajaib

    Saya coba deh resep dari Ambu sepertinya bisa langsung buka bakery ...

    ReplyDelete
  33. Enak nih. Aku suka banana cake. Tapi gak bisa bikinnya. Emang harus baca teliti resepnya dan mencoba berkali kali supaya bisa bikin ya. Hasilnya juga pasti memuaskan

    ReplyDelete