Resep Bolu Kukus Gula Semut Aren dan Beda Brown Sugar dengan Palm Sugar

 

                 

www.maria-g-soemitro.com


 Resep Bolu Kukus Gula Semut Aren dan Beda Brown Sugar dengan Palm Sugar


 Sedih banget! Gak bisa makan rakus bolu kukus gula semut aren yang ngepup-ngepul keluar dari steamer, harum dan ketika dicicip rasanya lezat banget, legit dan gurih!

Apa penyebabnya? Bukan, saya tidak mengidap penyakit yang melarang saya makan ini dan itu. Saya menahan diri karena bolu kukus yang cantik-cantik ini baru matang di malam hari dan belum difoto!

Peralatan foto saya tidak memadai, sehingga harus menunggu esok, kala mentari mengeluarkan sinarnya. Itupun tidak sembarang waktu. Harus menunggu sinar mentari hangat (sekitar pukul 08.00 atau pukul 16.00 WIB) karena sinar yang terlalu tering membuat hasil foto makanan kurang bagus.

Tentu saja hal tersebut hanya pendapat saya ya? Sesudah serangkaian proses memotret yang bisa dilihat hasilnya dalam tulisan berikut:

Baca juga:
Resep Caramel Cake, Bolu Sophisticated Asli Indonesia

Resep Bolu Kukus Mekar Luvita Ho dan Sejarah Bolu Kukus

Daftar Isi:

  • Bolu Kukus Gula Semut Aren, Legitnya Nampol!
  • Beda Gula Aren, Gula Merah dan Brown Sugar
  • Resep Bolu Kukus Gula Semut Aren

Di beberapa postingan saya sebelumnya, saya pernah menulis alasan akhir-akhir ini lebih sering membuat bolu kukus dibanding kudapan lain. Penyebabnya, karena mudah! 

Bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia di warung, hmmm….. kecuali baking soda dan baking powder. Ini mah harus beli di supermarket/minimarket terdekat atau belanja online.

Tapi worth it lah, satu pot kecil bisa untuk digunakan untuk 10-20 resep bahkan lebih tergantung resepnya.

Selain bahannya mudah, juga hanya dibutuhkan steamer/kukusan/dandang/langseng untuk membuatnya. Dijamin anti gagal, asalkan sebelum memulai  steamer sudah dijerang untuk mendidihkan airnya. Jangan lupa untuk tidak iseng membuka tutup steamer yang bisa bikin ‘adonan malu’ dan enggan mekar.

Nah, seperti biasanya, penyakit lama muncul di tengah waktu memburu deadline, yaitu mulut pingin ngunyah? Melirik ke samping kiri, nampak stoples camilan yang kosong.

Melirik ke kanan 2 kemasan palm sugar organik berdiri gagah dan memanggil-manggil untuk digunakan. Wah, Alhamdulilah bikin bolu kukus ah.

  

www.maria-g-soemitro.com
sumber: instagram.com/@idfoodblogger


Palm sugar organic ini merupakan hadiah favorit IDFB Blog Challenge dengan tema ‘Roti Gambang’.  Hadiahnya 2 pak besar gula semut aren @ 1 kilogram. Sudah saya gunakan untuk wedang jahe dan mengeksekusi resep bolu kukus tape ketan hitam.

Tiba-tiba muncul ide, “Dibikin bolu kukus gula merah kayanya enak nih,” Esekusi resep juga lebih mudah. Cukup campur-campur aja, sementara resep bolu kukus gula merah/gula aren umumnya ribet dan memakan waktu lama. Gula merah harus direbus dulu dengan santan dan pandan, kemudian saring dan dinginkan.

Mungkin ada yang bingung apa sih bedanya gula merah, dan gula aren? Apakah sama dengan brown sugar? Juga apa bedanya palm sugar dengan palm sugar organic?

Obrolan tentang gula aren ini pernah jadi diskusi seru dalam komunitas ID Food Blogger. Saya share di sini dengan menambahkan beberapa sumber ya? Karena saya juga sering bingung. 😢😢

   

www.maria-g-soemitro


Beda Gula Aren, Gula Merah dan Brown Sugar

“Mau gula aren atau gula merah biasa, neng?” . Pertanyaan tersebut sering banget ditanyakan penjual ketika saya mau membeli gula merah. 

Ketika saya tanyakan apa bedanya, selain harga gula aren yang lebih mahal, penjual menjelaskan bahwa tekstur gula aren lebih keras dan aromanya lebih harum. Hal ini yang menyebabkan gula aren umumnya digunakan untuk membuat kue dan minuman, sedangkan gula merah biasa untuk bumbu sayur, seperti sayur lodeh, sayur asam dan jenis sayur yang membutuhkan rasa manis lainnya.

Perbedaaan lainnya sebagai berikut:

 

www.maria-g-soemitro.com

Gula Aren/Palm Sugar

Ada sebuah artikel yang menyebutkan bahwa gula aren berasal dari nira pohon aren, sedangkan palm sugar berasal dari nira pohon palma. Info ini ternyata menyesatkan, gula aren berasal dari pohon aren atau pohon enau yang merupakan keluarga Arenga pinnata, suku Arecaceae (Wikipedia).

Selain menghasilkan nira yang bisa diolah menjadi gula aren, pohon enau juga mempunyai banyak manfaat, yaitu:

  • Nira pohon enau bisa diolah menjadi cuka dan tuak (minuman).
  • Buah pohon enau yang dikenal dengan nama ‘kolang kaling’ biasa diolah menjadi manisan dan campuran minuman di bulan Ramadan.
  • Daun pohon enau bisa digunakan untuk bahan atap rumah, pembuat sikat dan sapu ijuk.

Beberapa jenis gula yang berasal dari nira keluarga palma, bisa dilihat di sini: https://palmea.id/keluarga-palma-penghasil-gula/

Gula semut aren yang tercantum dalam kemasan adalah gula aren versi bubuk. Bentuknya yang mirip sarang semut di tanah, membuat jenis gula ini disebut gula semut.

Sedangkan pencantuman label ‘organik’ karena prosesnya tidak menggunakan bahan pengawet.  Zat gula yang terkandung dalam nira aren mudah terfermentasi bakteri, sehingga gula aren terancam berasa macam. Untuk menyiasatinya, banyak pelaku industry yang membubuhkan zat pengawet.

Padahal banyak cara yang bisa dilakukan agar gula aren tidak berasa masam, tanpa menggunakan zat pengawet, salah satunya diterapkan Arenga Organic Palm Sugar.

  

www.maria-g-soemitro.com

Gula Merah/Gula Jawa

Banyak yang menyebut gula merah sebagai gula jawa. Gula merah/gula jawa terbuat dari nira atau getah pohon kelapa. Harganya lebih murah dibanding gula aren. Penyebabnya mungkin populasi pohon kelapa yang lebih banyak dibanding pohon aren.

Gula jawa/gula kelapa juga kalah wangi dibanding gula aren. Sehingga gula jawa turun kelas, hanya digunakan untuk membuat kuah rujak dan bumbu sayuran.

Tidak mudah membedakan gula jawa dengan gula merah, karena sama-sama merah, atau lebih tepatnya orange terang kemerahan atau coklat terang. Jangan terkecoh dengan pendapat yang mengatakan warna gula merah yang coklat kehitaman sebagai gula yang kualitasnya bagus.

Warna coklat kehitaman berasal dari proses memasak yang terlalu lama, akibatnya gula akan terasa agak pahit, vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya juga semakin berkurang.

   

ww.maria-g-soemitro.com


Brown Sugar

Racikan bahan brown sugar umumnya ditemukan di resep masakan Eropa dan AS, karena palm sugar merupakan kekayaan Indonesia yang sulit ditemukan di negara 4 musim.

Mereka hanya punya gula tebu, yang kita kenal sebagai gula pasir. Untuk mendapatkan rasa manis yang lebih legit, mereka menambahkan gula tebu dengan molases, atau tetes tebu yang tidak dapat dikristalkan lagi.

Molases berwarna coklat, berbentuk cairan kental dan masih mengandung sukrosa cukup tinggi, yaitu 48 %-55 %. Perpaduan gula tebu dan molases menghasilkan brown sugar yang berwarna kecoklatan, bertekstur lembab dan beraroma khas caramel/toffee.

Farah Quinn, chef Indonesia yang pernah menggali ilmu dan berkarir di AS, dalam salah satu unggahan di channel YouTube-nya, pernah memberi tips membuat molases, yaitu dengan mendidihkan air dan gula aren hingga menjadi cairan gula yang pekat dan siap digunakan sebagai racikan kue.

 

www.maria-g-soemitro.com


Resep Bolu Kukus Gula Semut Aren

Seperti telah saya tulis di atas, gampang banget membuat bolu kukus gula semut aren. Tanpa hand mixer, tanpa proses mencairkan gula aren. Semua bahan dicampur rata, dan pasti jadi. Mekar ngakak, menul-menul dan rasanya legit.

Bahan Bahan Bolu Kukus Gula Semut Aren

  • 200 gram gula semut aren Arenga
  • 150 ml air (dibuat dari campuran air dan santan kemasan 65 ml)
  • 200 gram tepung terigu serba guna
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 100 ml minyak goreng
  • 1 sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh baking soda

Cara Membuat Bolu Kukus Gula Semut Aren

  1. Jerang air dalam steamer/kukusan, agar siap mengukus bolu.
  2. Siapkan cetakan bolu kukus, pasang  paper cup untuk alas adonan.
  3. Campur rata bahan kering: tepung terigu, baking powder dan baking soda, kemudian saring dan sisihkan.
  4. Dengan menggunakan whisked atau garpu, kocok gula dan telur hingga tercampur rata, tambahkan santan dan minyak, bergantian dengan bahan kering sampai tercampur rata.
  5. Tuang adonan bolu kukus gula semut aren ke dalam cetakan hingga terisi penuh. Kemudian masukkan ke dalam steamer. Beri jarak karena adonan akan mengembang.
  6. Kukus bolu selama 15-20 menit dengan api besar. Jangan lupa menutup permukaan steamer dengan kain bersih agar air steamer tidak membasahi bolu kukus. Juga jangan membuka tutup steamer agar bolu kukus mengembang sempurna.

Baca juga:
Resep Chocolate Banana Cake yang Creamy dan Tips Anti Gagal

Roti Gambang, Kudapan Jadul yang Enaknya Kebangetan!


  

www.maria-g-soemitro.com


54 comments

  1. Ya allah Ambu tks ilmunya aku jadi tahu perbedaan2 gula aren, gula jawa, dan brown sugar..

    ReplyDelete
  2. Dari tulisan ini aku baru tahu kalau antara brown sugar sama gula merah itu beda. Soalnya kalau ada temen warga asing ke Palembang dan nanya bahan baku bikin cuko, aku bilangnya "red sugar" buahaha yang dikoreksi temen kalo gak ada itu red sugar, adanya brown sugar. Eh ternyata beda pula sama gula merah.

    Kuenya tampak enak bu, slrupp. Dimakan sambil nonton drakor dan minum teh/kopi pasti enak banget itu.

    ReplyDelete
  3. Ternyata saya baru mampir di blog Ambu yang ini😍 baca tulisannya bikin lapeeer kan..kan..kan...,tulisannya mengandung apa seh Ambu? Hmmmmm

    Untung resep yang dipakai ambu mamakable banget *jiaaaaaaah. Soalnya gak pake ribet euy.

    ReplyDelete
  4. Bolu kukus tuh kudapan sehat ya Mbak. Apalagi jika gula yang digunakan untuk gula organik. Rasa manisnya aman untuk para penderita diabetes. Lihat hasilnya merekah begitu, sudah kebayang bolunya pasti empuk. Sekali makan bisa 3 biji ini sih hahahaha

    ReplyDelete
  5. ngomongin palm sugar jadi ingat masih ada sebungkus palm sugar yang belum saya gunakan nih. karena gak pandai masak, palm sugar biasanya saya taburkan di pisang goreng

    ReplyDelete
  6. Lah kirain gula aren dan brown sugar itu sama, ternyata beda jauh ya. Kalau di hotel berbintang kan kadang ada tuh pilihan brown sugar, ternyata juga cuma gula pasir dicampur molases

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat mama suka bikin ini. Apalagi makan pakai kelapa muda di campur garam pas selagi hangat. Duh enaknya

    ReplyDelete
  8. Eh iya Ambu..aku gak tau bedanya gula aren, gula merah dan brown sugar.
    Aku pikir ketiganya sama. Karena gaya hidup sehat masa kini, banyak makanan dan minuman kekinian menggunakan campuran gula aren.

    Juara banget Ambu coba-cobi resep bolu kukus yang lezat~
    Aku suka banget bolu kukus, tapi belum pernah bikin sendiri.
    Huhu, padahal kalau beli pasti habisnya lebih dari 3 deh.. apalagi mungil-mungil seperti cetakan Ambu.

    Beneran nasib food blogger itu, huhu...penuh dedikasi dengan objek yang akan dijadikan foto. Cantiikknya Bolu Kukus Gula Semut Aren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok pemikiran kita sama Teh, wkwkwk.
      Daku pun juga doyan bolu kukus ,tapi untuk coba bikin sendiri belum pernah. Sokbesok boleh juga nih resepnya Ambu dicoba

      Delete
  9. Kalau bikin kue menggunakan gula aren rasa manis dan wanginya beda. Ngebayangin bolu kukus menggunakan gula aren pasti terasa nikmat banget, apalagi untuk temen minum kopi hitam tanpa gula.

    ReplyDelete
  10. Kue bolu kukus ini kesukaan mama ku mom.
    Sepertinya dikreasikan dengan gula merah enak juga ya?
    Setelah resep bolu pisang kemarin, resep ini sepertinya juga pengen nyobain lagi nih,

    ReplyDelete
  11. Bolu kukus dengan gula aren, jadinya rasa yang manis pas ya Ambu.

    Bikin senang pastinya karena dari bahan alami dibuatnya, apalagi buat disajikan untuk orang terkasih

    ReplyDelete
  12. Memang gula aren rasa dan wanginya beda. Yang jelas teksturnya juga lebih keras. Jadi harus dipotong dengan pisau. Kalau di Jogja gula aren lebih sulit dijumpai dibanding gula merah atau gula kelapa. Paling suka kalau minum dawet dengan gula aren. Wow manis legit rasanya...

    ReplyDelete
  13. saya juga baru tau klo 3 gula ini beda Mba, malah pernah diskusi yg ujungnya berdebat tentang cerita 3 gula ini wkwkkw berarti itu debat kusir ya. selama ini yg ada di rumah brarti hanya gula aren biasa, tapi dibuat utk berbagai macam kebutuhan wkwkwk

    ReplyDelete
  14. Boleh di coba nih resep baru, pas banged kebetulan keluarga pada doyan bola kukus...

    ReplyDelete
  15. Pas banget nih, kapan hari habis obrolin dengan teman-teman. Apa sih bedanya, gula aren, gula merah, dan brown sugar? hahahah.. sampai sempat bertanya-tanya juga, kalau palm sugar, kan biasa tuh jadi toping roti, itu bedanya apa lagi? oalah ya itu gula aren! Hahaha, kayaknya saya share aja nih link postingan ini, biar mereka pada baca sendiri.

    ReplyDelete
  16. Pas banget nih, kapan hari habis obrolin dengan teman-teman. Apa sih bedanya, gula aren, gula merah, dan brown sugar? hahahah.. sampai sempat bertanya-tanya juga, kalau palm sugar, kan biasa tuh jadi toping roti, itu bedanya apa lagi? oalah ya itu gula aren! Hahaha, kayaknya saya share aja nih link postingan ini, biar mereka pada baca sendiri.

    ReplyDelete
  17. Bolu kukus g pernah salah, camilan favorit keluarga
    Apalagi kalau dibuat dengan gula aren
    Ternyata, meski sekilas nampak sama gula aren, gula merah dan palm sugar itu berbeda

    ReplyDelete
  18. Bolu kukus gula aren ini memang enak banget ya kak. Apalagi kalau menggunakan organik palm sugar, lebih enak lagi pasti ya. Besok jadi pengen buat juga ah..

    ReplyDelete
  19. Mpo pernah lihat proses sadap gula aren. Beuh pohonnya tinggi bener dan lama. Gerah deh kalau lihat proses masaknya pakai kayu bakar.

    ReplyDelete
  20. Mbu, challenge bikin bolu kukus tuh kadang di bagian atas nggak mau naik dan mekar. Itu gimana ya Ambu biar cantik gitu?

    ReplyDelete
  21. Jadi ngiler nih liatnya. Kalo rasa manisnya sedang aja aku juga lebih suka. Yummy.

    ReplyDelete
  22. Selalu suka lihat bolu kukus yang merekah sempurna kayak gini. Lebih suka lagi dengan rasa bolu (atau apapun itu) yang salah satu bahannya gula merah, entahlah menurut saya rasanya lebih enak dibanding dibuat dengan gula putih

    ReplyDelete
  23. Sebagai warga Kecamatan Paciran yang di beberapa desanya terdapat banyak sekali pohon aren.. saya juga kadang bingung jelasin dan bedain antara gula aren dan gula jawa sama temen2 yang biasanya jastip beli ke saya.. baca artikel Ambu jadi tercerahkan.. tar kalau ada yang tanya lagi, saya kasih link artikel ini aja deh.. makasih Ambu :D

    ReplyDelete
  24. Bolu Kukus Gula Semut Aren ini enak ya Ambu
    Pas jadi teman minum teh,
    Kalau di Surabaya, bolu kukus seperti ini disebut roti kukus

    ReplyDelete
  25. Tadinya saya gak bisa bedain. Sejak suka ngopi jadi mulai tau perbedaannya. Kalau untuk kopi, saya lebih suka pakai palm sugar

    ReplyDelete
  26. Jujur aku juga sering keder kalau ditanya apa bedanya. Btw, Jadi kalau mau bikin minuman kunyit asam aku pakenya gula merah ya ambu?

    ReplyDelete
  27. Wah ... ada resep bolu kukus gula aren, mesti dicoba nih ... hmm yummy enak banget, boleh di reccok ya resepnya

    ReplyDelete
  28. Bolu kukus nya keliatan mekar, anak-anak paling suka bolu yang mekar gini. Kapan-kapan recook biar bisa ngerasain sendiri Bolu Kukus nya

    ReplyDelete
  29. Saya paling suka sama makanan yang berbahan dasar atau ada unsur gula merahnya

    Dan baru tau ini dong ternyata gula merah itu beda dengan gula aren. Saya taunya zemua terbuat dari aren 😁

    ReplyDelete
  30. Melihat cara buat dan bahan-bahannya memang gak sulit ya Ambu, karena yang sulit itu untuk bergerak memulainya hehe.
    Semoga bisa re-cook biar dicoba buat weekend

    ReplyDelete
  31. Wah, enak banget nih bolu kukus gula semut arennya. Mekar banget tampilannya. Saya kira brown sugar ama palm sugar itu sama, ternyata beda ya.

    ReplyDelete
  32. Kalau pengen minum kopi dan mau ada rasa manisnya sedikit, saya selalu menambahkan gula aren ini. Sering pakai, tapi ya bingung kalau ditanyain apa bedanya gula aren, gula merah, dan gula jawa. Malah baru tahu pula bahwa gula aren atau gula palm itu ada yang organik dan tidak.

    ReplyDelete
  33. Simpan dulu ah resepnya, siapa tahu suatu saat minat buat bikinnya. Nunggu kiriman gula aren dari mertua.

    Di Malang sini, bahkan pernah saya temui ada gula merah, tapi ada campuran gula pasirnya. Kelihatan bulir-bulir gula pasirnya saat saya haluskan. Sejak itu nggak pernah beli gula merah di satu warung itu

    ReplyDelete
  34. Saya paling suka minum kopi dengan gula aren. Kayanya legit tapi aroma kopinya makin nyata. Baru tahu bedanya gula aren/ palm sugar dengan gula jawa dan brown sugar... TFS, Ambu... Habis ini auto beli kue bolu kukus gula aren nih... Biar gak ngeces

    ReplyDelete
  35. Wuih, kesukaan aku sama anak-anak bocil deh bolu kukus gula aren ini. Enyak banget. Selama ini aku selalu beli, belom pernah bikin. Selain pemalas orangnya, juga takut gagal. Hihi. Nanti mah kayaknya kudu nyoba deh. Ada resep dari Ambu nih. Antigagal ya.

    ReplyDelete
  36. Membuat bolu kukus menjadi aktifitas menyenangkan saat spare time. Hasil bagus akan bisa dirasakan bersama keluarga.

    ReplyDelete
  37. Di rumah aku ada gula semut, buat minum kopi sukanya antara gula semut sama gula aren. Yg demen bikin bolu kukus di rumah mamaku. Kalau aku suka yg serba panggang.

    ReplyDelete
  38. Jujur sih, gula aren ini secara rasa lebih legit dan agak kental gitu jika dicampur dalam bentuk minuman dibandingkan gula jawa. Yang saya suka bisa nambah strong aja kalo minum gula aren. Saya suka. Btw, betul kata kak Maria kalo warna hitam pada gula itu karena proses pemasakan yang lama, sama kayak "GULALI" itu ya kak, kalo dimasak lama akan menimbulkan rasa pahit.. menghitam gitu. Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  39. Resep Bolu Kukus Gula Semut Aren sudah aku catat, Ambu. Nunggu weekend datang nih untuk realisasi resep. Semoga eksekusinya sesuai ekspektasi. Niatnya bukan bikin kue sih, cuman sekadar bonding aja bareng istri dan anak wedok. Syukur-syukur bisa jadi bolu kukus yang mekar sempurna, bukan sekadar cep-mek (cepak mekar)

    ReplyDelete
  40. Jadi buka wawasan nih tentang gula-gulaan, tetap yummy ya walaupun bolu kukus di padu padankan dengan aneka gula yang penting teknik pengolahan, mix n match nya tepat. Wah thanks info bermanfaat ini ya ambu🥰

    ReplyDelete
  41. Ini bolu kesukaanku 😍
    thank you ambu resepnya, gampil!
    Jadi pengen bikin buat keluarga, hihihi

    ReplyDelete
  42. Aku salah satu orang yang nggak bisa bedain jenis-jenis gulmer nih Ambu, antara aren, palm, dan gula merah biasa kupikir dulu sama saja, ternyata beda-beda. Dan resep bolu kukus gula merahnya menggairahkan sekali.

    ReplyDelete
  43. Waduh, Ambu dan keluarga sabar banget. Kalau di rumah saya bisa -bisa ludes duluan sebelum sempat difoto hehe. Tapi sepadan, hasil fotonya ciamik.

    Saya pun awalnya bingung bedain palm sugar dan brown sugar kirain semuanya tuh ya gula merah.

    ReplyDelete
  44. Bolu kukus dibikin macem2 varian tetep enak ya, ambu. Apalagi adonannya dicampur gula aren, pasti lebih legit. Pas udah mateng, enak dimakan bareng keluarga. Bisa dicoba nih resep andalannya, Ambu

    ReplyDelete
  45. Waaa ngilerrrr
    Aku kyknya pingin recook ama anakku.
    Moga2 berhasil dan endeus

    ReplyDelete
  46. Bolu yang masih ngepul asapnya apalagi dipadukan dengan gula aren ini nikmat banget...
    Rasanya uda gak ada yang lebih enak dari bolu hangat deeh..

    ReplyDelete
  47. Dah lama banget nih saya gak bikin bolu bun, sejak gak ada kukusan #alesyan wkwk.
    Gula aren apalagi yang organik keknya cocok nih buat yang diet2 dan mengurangi penggunaan gula pasir.
    Makasih resepnya, kalau udah jago diijualin kyknya laku nih hehehe.

    ReplyDelete
  48. Bolu kukus gula arennya menggoda banget... Ternyata engga perlu pakai mixer ya... Wah, kalau gitu saya bisa nyontek...

    ReplyDelete
  49. Oh saya baru tau kalau brown sugar itu dari gula pasir ya. Dulu pikir saya brown sugar ya terjemahan dari gula merah, hehe... Saya kurang telaten kalau baking, jadi senang deh kalau lihat teman2 yg pada pintar baking :D

    ReplyDelete
  50. Aku bahkan baru tau perbedaan gula aren dan gula merah dalam hal kegunaannya sih. Kalau harga dan aroma memang lebih mahal dan unggul gula aren dibandingkan gula merah. Di tempat ku banyak petani penghasil gula aren lo, kak. harganya mulai 10.000 an aja per buah.

    ReplyDelete
  51. Pengen banget bisa buat bolu kukus nih apalagi dengan rasa gula aren gini. Saya belum pernah buat sih. Pemilihan gula aren yang tepat sangat mempengaruhi rasa akhir dari bolunya ya.

    ReplyDelete
  52. bolu kukus adalah camilan yang cocok dinikmati di segala suasana. cocok juga dipasangkan dengan teh, kopi atau susu. bolu kukus ini juara deh, selalu ludes kalo disajikan karena memang seenak itu

    ReplyDelete
  53. Sayang banget aku nggak punya kukusan. Kalau dibikin bolu panggang yg dimodif bagian apanya yaa?

    ReplyDelete