Resep Caramel Cake, Bolu Sophisticated Asli Indonesia

 

  

www.nyiomas.xyz


Resep Caramel Cake, Bolu Sophisticated Asli Indonesia


Sophisticated artinya kurang lebih rumit. Saya menemukan diksi ini dalam salah satu novelnya Marga T. Novelis senior ini menggambarkan salah seorang tokohnya sophisticated, atau kurang lebih perempuan cantik sekaligus “berbahaya”. Andai artis Korea, dia adalah Seo Ye-Ji yang drama Koreanya “Eve” sedang saya pantengin.😊😊😊

Penonton drama Korea drama 'It's Okay to Not Be Okay' pastinya setuju dengan pemilihan Seo Ye Ji sebagai Ko Moon-Young, perempuan cantik, toksik, rumit dan berbahaya. Ko Moon-Young punya rahasia kelam, seperti sosok Lee La-El yang diperankan dalam drama Korea “Eve”.

Lha lagi ngebahas bolu caramel atau caramel cake, kok jadi ke Seo Ye Ji? 

Hihihi beginilah nasib food blogger yang jadi penggemar drama Korea, imajinasinya melayang terbang jauh. Akibatnya, saya salah ngambil resep, biasa menggunakan resep caramel cake-nya Mbak Endang Indiani, pemilik blog Just Try and Taste, ini malah pakai resepnya Xander’s Kitchen yang banyak bertebaran di media sosial.

Rasanya sama-sama legit, walau ada perbedaan di pemakaian gula, caramel cake Xander’s Kitchen menggunakan 500 gram gula pasir yang dibuat menjadi caramel. Sedangkan Mbak Endang hanya membuat caramel dari 150 gram gula pasir kemudian ditambah 200 gram dark brown sugar yang biasanya saya ganti dengan palm sugar.

Teksturnya pun beda. Caramel cake Xander’s Kitchen lebih kenyal dan empuk karena pemakaian tepung terigu dan tepung tapioca. Sementara Mbak Endang hanya memakai tepung terigu.

Tapiiiiii…soal rasa mah kembali ke selera masing-masing ya?

Baca juga:
Bolu Nusa Rasa, Karena Oleh Oleh Gak Hanya Martabak!

Sayur Lodeh untuk Pemula yang Maknyus Tenan

 

Daftar Isi

  • Caramel Cake yang Legit dan Sophisticated
  • Ternyata Bolu Karamel Kudapan Asli Indonesia!
  • Resep Caramel Cake Xander’s Kitchen

 

Mungkin teman-teman ada yang bertanya, caramel cake itu seperti apa sih? Kok pake diksi aneh seperti sophisticated?

Caramel, karena bahan utamanya gula pasir yang dilelehkan sampai membentuk caramel. Tanpa caramel, panganan ini hanya seperti bolu /cake biasa.

Sophisticated karena rasanya manis legit, prosesnya rumit dan bentuknya unik. Hitam berserat hingga banyak yang menyamakan dengan sarang semut.

Menurut saya sih caramel cake mirip bika ambon, oleh-oleh kondang dari Kota Medan. Sama-sama berserat. Bedanya bika ambon menitikberatkan pada santan dan jumlah telur sehingga rasanya gurih. Sedangkan caramel cake rasanya manis legit.

Dan ternyataaaaa……caramel cake punya nama asli: Bika Karamel!  Dengan kata lain, bukan tanpa sebab bentuk bika karamel mirip bika ambon, lha wong sodaraan.😀😀 Bedanya yang satu hitam manis, yang lainnya kuning gurih.

Keduanya juga merupakan hasil modifikasi para pegiat kuliner. Resep aslinya menggunakan ubi kayu aka singkong yang diparut dan dibuat tepung. Sementara kini, baik bika ambon maupun bika caramel memakai hasil olahan ubi kayu, yaitu tepung tapioka aka tepung kanji.

Ya iyalah di era teknologi maju, ketika semua bahan kue bisa dibeli via online, ngapain harus marut singkong untuk memperoleh tepungnya?

 

www.nyiomas.xyz


Ternyata Bolu Karamel Kudapan Asli Indonesia!

Ada 4 bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kue/bolu/cake, yaitu: Gula, Mentega, Tepung, Telur. Setiap bahan mempunyai fungsi berbeda yang saling mendukung agar rasanya enak dan bentuknya kokoh.

Si gula berfungsi memberi rasa manis, si telur membuat kue mengembang dan moist (lembap), si mentega membantu kue tidak “seret” ketika disantap, karena fungsinya melembapkan dan menghaluskan kue.

Sedangkan si tepung bertugas membentuk kerangka kue. Bolu/cake bisa tegak berdiri dengan kokoh berkat kerja keras si tepung. Tanpa si tepung, kue bakal loyo seperti kue clorot.

Nah, beberapa pegiat kuliner rupanya ingin membuat bika caramel dengan cara mudah. Mereka mengganti bahan utama bika caramel yang ribet, yaitu ubi kayu, dengan tepung tapioca dan tepung terigu yang siap pakai.

Seperti diketahui, tepung terigu merupakan produk impor, baru booming setelah orde baru dan pemerintah Indonesia menerapkan pajak nol persen pada impor gandum. Jadi, perlu diragukan jika ada makanan yang diklaim sebagai warisan nenek moyang tapi berbahan tepung terigu.

Warisan neneknya mungkin ya? Bukan warisan nenek moyang.😀😀

Oke kembali ke bika caramel yang punya nama lain bolu/ kue sarang semut. Konon diberi nama sarang semut karena bentuknya yang berlubang-lubang. Lho bika ambon juga berlubang ya? Kok gak disebut bolu sarang semut juga? Hihihi sudahlah, perdebatan bakal jadi panjang.

Dikutip dari dari buku 'Kuliner Jambi: Telusuri Jejak Melayu, Sedap Meresap dalam Kalbu' terbitan Gramedia Pustaka Utama, bika caramel atau kue sarang semut berasal dari Kota Seberang, Jambi, dan hanya dibuat di acara spesial seperti pesta pernikahan, acara selamatan/syukuran serta acara sosial keagamaan lainnya.

Mungkin karena proses pembuatannya yang ribet, ya? Ubi kayu aka singkong harus diparut untuk menghasilkan tepung tapioca, kemudian baru diolah dengan caramel hingga menghasilkan bika sarang semut.

www.nyiomas.xyz


Resep Caramel Cake Xander’s Kitchen

Sesudah membaca asal usul caramel cake, saya lebih sreg menggunakan resep Xander’s Kitchen. Dia menggunakan tepung terigu dan tepung tapioca, sementara Mbak Endang Just Try and Taste hanya memakai tepung terigu.

Resep asli bika caramel sarang semut menggunakan ubi kayu, yang di era serba praktis ini tersedia di mana-mana. Termasuk di warung, karena dibutuhkan untuk membuat cilok, cimol atau cireng.

Jadi, jika bisa mudah mengapa harus mencari cara yang ribet? Asalkan jangan melenceng jauh dari resep asli. 

Berikut resep Caramel Cake hasil racikan Xander’s Kitchen:

Bahan Caramel Cake Xander’s Kitchen

  • 500 gr gula pasir
  • 500 ml air panas
  • 5 butir telur
  • 150 gr terigu
  • 150 gr tapioka/sagu
  •  200 ml kental manis
  •  200 gr butter, dilelehkan
  •  1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue

   
www.nyiomas.xyz


Cara Membuat Caramel Cake Xander’s Kitchen

  1. Panaskan oven suhu 190'C dan loyang. Oles permukaan loyang dengan  margarin dan taburi tepung terigu tipis-tipis. Saya menggunakan loyang premium Kirin tapi ternyata membludak, jadi pakai saja loyang biasa dengan diameter 23 cm.
  2. Campur bahan kering:  tepung  terigu, baking soda, baking powder, aduk  rata. Sisihkan.
  3. Buat caramel dengan melelehkan gula pasir di atas pan/panci. Goyang-goyang hingga semua gula larut tapi jangan sampai gosong. Jika gula pasir belum meleleh sempurna, maka proses selanjutnya akan lama/sulit. Sementara jika gosong, rasa caramel akan pahit.
  4. Apabila semua gula telah meleleh, masukkan air panas secara bertahap. Hati-hati karena caramel akan mendidih. Aduk rata. Sisihkan, tunggu hingga dingin.
  5. Kocok telur sampai mengental dan berwarna putih. Kemudian masukkan secara bertahap sambil diaduk: susu kental manis, caramel, mentega cair dan ayak bahan kering di atas adonan sambil diaduk.
  6. Adonan akan berbentuk encer, tuang ke dalam loyang dan masukkan ke oven. Panggang selama 45 – 60 menit, tergantung oven yang dimiliki. Atau tes tusuk untuk memastikan caramel cake telah matang.
  7. Tunggu hingga dingin kurang lebih 10 menit sebelum dibalikkan di atas rak kawat.
  8. Jika telah dingin, potong-potong, sajikan.

Baca juga:
Soto Sedari Hidden Gems di Ujung Barat Kota Bandung

Resep Bolu Kukus Mekar Anti Gagal, Dari Luvita Ho untuk Pemula


22 comments

  1. Cantik sekali ini Caramel Cake-nya, Ambu. Tak heran dapat sebutan bolu sophitiscated. Saya suka dengan tekstur berseratnya dan warna eksotiknya yang menggoda. Dan perpaduan terigu dan tapioka saya rasa lebih pas ya...karena kalau terigu saja lebih ke bolu biasa jadinya.
    Memang ya food blogger bisa aja nyambungnya, dari resep Caramel Cake bisa ke bahasan Seo Ye-Ji juga. Keren!

    ReplyDelete
  2. Memang membuat roti di rumah bersama keluarga menggunakan bahan bahan pilihan akan menghasilkan kue bole seperti tulisan ambu

    ReplyDelete
  3. waooo kebayang enaknya Ambu, cuman lumayan manis ya ini, gulanya banyak :D
    Ada tepung sagunya, bikin rasanya makin mantap tuh, jadi pengen cobain.
    Saya save resepnya ah :)

    ReplyDelete
  4. Wah di daerah ortu saya -Tj. Balai Karimun, Kepri- kue ini selalu ada saat acara pernikahan. Biasanya dibuat utk kudapan malam berinai dan bagian dari kantong penganan yg diantar ke rumah para panitia acara (saudara, tetangga dan kerabat lain). Jadi.. saya ga pernah bikin sendiri atau beli hehehe. Tapi ditilik dari resepnya sepertinya bisa nih dicoba
    Makasih sharing ya mbak

    ReplyDelete
  5. cetakan kue nya cakep banget jadi bolu karamelnya terlihat ciamik, boleh di recook ya kak menu resepnya mau coba bikin di rumah

    ReplyDelete
  6. Ambu doyan masak dan nonton drama...aku doyan makan dan nonton.
    Hahha..sangat sangat signifikan sekali hobinya yaa, Ambu.
    Aku selalu suka bolu. Karena kuenya yang lembut dan berongga bikin makan sedikit tapi mantap.
    BIsa dicoba ini resep Caramel Cake Xander’s Kitchen. Camilan fave Ambu yang diumpamakan berbahaya kaya La El...hehhee..

    ReplyDelete
  7. Sekarang serba online ya mbak. Mau beli bahan kue aja tinggal klik. Bener. Kenapa harus marut singkong buat ambil tepungnya. Tinggal beli jadi. Eh karamel ini enak loh. Aku suka

    ReplyDelete
  8. Wah saya juga baru tahu Ambu kalau bolu caramel adalah kudapan khas Indonesia.
    Begitu kaya ya kuliner bangsa kita ini.
    Ini enak banget dimakan sambil ngeteh sore di rumah

    ReplyDelete
  9. Teh, kalo saya pakai tepung karamel instant untuk resepnya, apakah rasanya tetap sama atau malah jadi beda?

    ReplyDelete
  10. Waduh saya langsung ngiler lihat bolu caramel yang sangat khas lokal Indonesia. Biasanya kenal puding caramel, kali bolu caramel. Sayangnya aku ngga bisa masak kue. Tapi anyway, resep ini akan jadi andalan buat nitip kepada keponakan yang ahli masak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. resep yang praktis dan bisa jadi kudapan pagi atau sore sambil dinikmati bareng teh ya, Ambu.

    ReplyDelete
  12. Bener nih, sophisticated. Imajinasiku baca ini bikin lapar loh Ambu huhuhuu Sayang aku enggak doyan masak, pengen makan langsung mah iya hahahahaa

    ReplyDelete
  13. Khasnya kue karamel ini banyak rongganya ya Nyi. Ibuku sering bikin ini terus dikirimkan ke cucunya.
    Biasanya ibuku juga pakai gula palm jadi ada aroma wangi palemnya kalau mateng

    ReplyDelete
  14. Salut deh sama yang bisa baking kaya mbak Nyiomas. Aku mah kalau pengen cake begini harus beli atau order dulu :D

    ReplyDelete
  15. Walau daku belum pernah cerita ba bikin, Karamel itu memang bikin nagih buat menyantapnya, hehe.
    Boleh ah suatu saat coba bikin karena ada resepnya Ambu yang oke ini

    ReplyDelete
  16. Saya suka sekali Caramel Cake. Dulu Tante Saya suka buat. Menurut Saya racikannya pas menghasilkan rasa dan tekstur yang sesuai selera keluarga. Saya mau share resep yang ini, siapa tahu sesuai juga

    ReplyDelete
  17. Dari gambarnya, memang teksturnya jadi mirip bika Ambon ya ada space ruang gitu di tiap potongan bolunya. Bukan seperti bolu biasa.

    Terima kasih Ambu resepnya, bisa saya coba praktikkan nanti di rumah.

    ReplyDelete
  18. kayaknya saya pernah deh makan kue karamel cake ini cuman gak tahu namanya, orang bilang ya bika ambon warna coklat, wkwkwk. tapi emang manis legit sih rasanya. mbaaa, next jangan ngayal sambil bikin cake ya biar gak salah nyontek resep, hahahaha. tapi aku sering kaya gitu gitu sih saking asyiknya nonton drakor, salah ngerendos bahan malah! fatal kan? hehehe. aku belum nonton eve nih, baru nonton eps awal. emang seru sih

    ReplyDelete
  19. kayaknya saya pernah deh makan kue karamel cake ini cuman gak tahu namanya, orang bilang ya bika ambon warna coklat, wkwkwk. tapi emang manis legit sih rasanya. mbaaa, next jangan ngayal sambil bikin cake ya biar gak salah nyontek resep, hahahaha. tapi aku sering kaya gitu gitu sih saking asyiknya nonton drakor, salah ngerendos bahan malah! fatal kan? hehehe. aku belum nonton eve nih, baru nonton eps awal. emang seru sih

    ReplyDelete
  20. Aku punya cetakan bolu seperti punya ambu, jadi pengen bikin juga mumpung bahan-bahannya punya semua.
    Jadi enakan tepung terigu aja atau dicampur tepung tapioka Ambu?

    ReplyDelete
  21. Karamel cake merupakan salah satu kue favorit keluarga saya.Tapi sayangnya sampai sekarang saya belum juga bisa bikin karamel cake. Mungkin karena saya yang malas belajar. Terima kasih resepnya mbak saya akan coba praktikkan diwaktu senggang.

    ReplyDelete
  22. Caramel cake = Bika caramel. Duhhh, jadi kebayang bayang bika ambon. Tapi, Ambu, kayaknya rongga si bika Ambon agak lebih gede ya dari karamel cake ini.
    Ambu ngga ada rencana open po caramel cakenya? Wwkwkw. Mau pesan

    ReplyDelete