Resep Banana Bread Luvita Ho dan Sejarah Banana Bread

  
beranda nyi omas

Resep Banana Bread Luvita Ho dan Sejarah Banana Bread


“Ini enak lho,” kata kakak ipar saya sambil membuka keranjang oleh-oleh. Ada kotak persegi panjang berisi cake pisang di dalamnya. Dulu, saya menyebut semua camilan seperti ini sebagai cake. Baru kemudian paham bahwa di negeri asalnya, cake berbentuk demikian dinamakan “bread”.

Enak, menurut sang kakak, harus saya amini. Rasa banana bread yang dibawanya sangat enak. Manis, legit dan gak bikin eneg. Gak cukup seiris. Tau-tau sekotak banana bread masuk ke dalam perut.

Sayang, dulu akses ke YouTube gak semudah sekarang. Karena ternyata mudah banget bikin banana bread. Saking gampangnya, kala sedang writers’block, saya ngubek-ngubek lemari, mengumpulkan bahan kue dan gak lama kemudian aroma banana bread memenuhi rumah.

Baca juga:
Banana Cake Farah Quinn: Gluten Free, Irit Telur dan Tanpa Mixer

Resep Fruit Cake dan 4 Jenis Fruit Cake

Daftar Isi

  • Banana Bread yang Legit dan Nagih
  • Banana Bread, Jejak Kemiskinan Amerika Serikat
  • Resep Banana Bread Luvita Ho

Saking sukanya pada banana bread, saya sering membeli pisang berukuran besar. Sebagian untuk memenuhi kebutuhan vitamin C selama beberapa hari, sisanya untuk membuat kue.

Jika sudah begini, rasanya nestapa ketika ingat dulu harus membuang pisang. Pisang kan gak mengenal musim. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan buah-buahan keluarga, saya sering membelinya. Sayang gak bisa diduga. Terkadang mereka suka dan langsung tandas. Kali lainnya, sesisir buah pisang dicuekin berhari-hari sampai membusuk.

Ternyata, awal lahirnya banana bread terjadi gara-gara pisang yang membusuk pula. Paling tidak, demikian yang dikisahkan laman kingarthurbaking.com  (sumber) sebagai berikut:

   

beranda nyi omas

Banana Bread, Jejak Kemiskinan Amerika Serikat

Unik, Amerika Serikat merayakan National Banana Bread Day pada setiap 23 Februari, Padahal pisang bukan tanaman asli Amerika. Namun kini, resep banana bread paling dicari di seluruh Amerika, mengalahkan resep roti, baguette dan roti tanpa ulen.

Buah pisang sebagai sajian mulai dikenal dan merebak di AS pada pergantian abad ke-20, seiring munculnya mesin pendingin. Buah pisang menjadi primadona. Tidak hanya sebagai makanan pokok sarapan, juga terhidang dalam makanan penutup, umumnya sebagai topping pudding atau kue.

Pada 1930-an, dua peristiwa besar mengubah kisah buah pisang di AS. Yang pertama depresi hebat yang menyebabkan ambruknya pasar saham tahun 1929 dan berlangsung hampir sepanjang tahun 1930-an. Hal ini mendorong setiap keluarga untuk mengencangkan ikat pinggang. Setiap potong makanan sangat berharga, termasuk “pisang busuk”.

Peristiwa kedua adalah produsen baking powder/soda kue yang mulai memproduksi produknya secara massal. Harga pengembang kue ini menjadi murah dan mengilhami banyak penulis buku masak untuk membuat resep kue yang mudah dan cepat. Jauh lebih praktis dibanding membuat roti dengan ragi.

Salah satu buku yang memuat resep banana bread adalah  Better Homes and Gardens, Pillsbury Flour, the United Fruit Company (a chief banana importer). Dalam resep dicantumkan buah pisang sebagai bahan utama yang dilumatkan, bukan sekadar hiasan kue seperti sebelumnya.

Yang menarik, dalam buku tersebut tercantum resep Banana-Nut Bread dengan campuran wheat bran (dedak gandum), yang kini dikenal sebagai makanan ternak. Penambahan wheat bran membuat banana bread bertekstur agak kasar.

Penambahan wheat bran juga mencerminkan kesulitan keuangan yang dihadapi oleh banyak keluarga AS kala itu. Mereka mengurangi lemak dan gula dan mengganti komposisinya dengan menambahkan pisang yang sangat matang.

Pada tahun 1946, resep banana cake muncul di The Joy of Cooking". Komposisi resepnya menunjukkan kondisi masa perang, seperti hanya menggunakan 1 buah telur, tanpa spices (lada, kayu manis yang harganya mahal), serta substitusi susu murni dengan susu asam atau buttermilk yang harganya lebih murah.

Hasilnya, roti yang halus, cukup enak dan yang terpenting: Mengenyangkan! Hal yang sangat dibutuhkan pada era tersebut.

 

beranda nyi omas
sumber: kingarthurbaking.com

Jejak sejarah banana bread di Amerika Serikat masih panjang, saya teruskan di tulisan lain ya? Karena saya suka banget camilan berbahan baku pisang, dan sering membuatnya.

Penambahan pisang dalam komposisi bahan membuat hasil olahan lebih legit dan gak eneg. Selain itu, buah pisang matang rasanya sangat manis. sehingga kerap digunakan sebagai pengganti gula, baik pada healthy banana bread maupun banana cookies.

Beberapa diantaranya pernah saya buat dan hasilnya nagih, suer.😋😋

Untuk kali ini, yuk kita praktekkan resep banana cake-nya Luvita Ho yang super duper mudah.

 

beranda nyi omas

Resep Banana Pisang Luvita Ho

Banyak alasan saya menyukai resep-resep yang disusun Luvita Ho, dan dishare melalui channel YouTube-nya. Selain simple, Luvita juga cermat menjelaskan step by step cara pembuatan, termasuk manfaat masing-masing bahan.

Seperti vegetable oil yang digunakan dalam resep ini. Tujuannya agar banana cake tetap moist walau disimpan dalam lemari pendingin.

Sementara untuk buah pisang, silakan cek tulisan berikut untuk mengetahui jenis pisang yang cocok dibuat kue:

Resep Bolu Kukus Pisang Gagal dan 5 Jenis Pisang untuk Cake/Bolu

Sedangkan brown sugar yang diganti dengan palm sugar dalam resep ini, pernah saya tulis perbedaannya di sini: 

Resep Bolu Kukus Gula Semut Aren dan Beda Brown Sugar dengan Palm Sugar 

Bahan-bahan Banana Bread Luvita Ho

  • 1 butir telur ukuran besar ( 55-60 gram)
  • 5 buah/280 gram pisang yang telah dikupas kulitnya
  • 85 gram gula pasir
  • 85 gram brown sugar (saya pakai gula palm)
  • ½ sdt baking powder
  • ¾ sdt baking soda
  • 192 gram tepung serbaguna
  • ¼ sdt kayu manis bubuk
  • 63 gram vegetable oil
  • 2 pinches garam
  • ½ sdt vanilla extract

Cara Membuat Banana Bread

  1. Siapkan Loyang 24 cm x 8 cm x 6 cm, lapisi dengan kertas roti. Atau olesi margarin dan selapis tipis tepung terigu.
  2. Siapkan oven dengan memanaskan pada suhu 160˚C
  3. Lumatkan pisang, sisihkan.
  4. Campur dan aduk bahan kering dalam suatu wadah: tepung terigu, baking soda, baking powder, cinnamon powder, aduk rata dan saring.
  5. Kocok telur sampai putih dan mengembang, kemudian tambahkan gula pasir dan brown sugar. Lanjutkan mengocok adonan sampai tercampur rata.
  6. Tambahkan bahan kering ke dalam adonan telur secara bertahap. Juga vegetable oil, puree pisang, garam dan vanilla extract. Aduk rata agar banana bread tidak bantat.
  7. Jika telah tercampur, masukkan ke dalam Loyang. Hentak perlahan untuk mengeluarkan udara yang terperangkap.
  8. Panggang adonan banana bread dalam suhu sesuai oven masing-masing. Cek tusuk untuk mengecek banana bread telah matang.


Baca juga:
Ngemil Sehat? Cobalah Chocolate Peanut Butter Banana Bread yang Lezat ini

Resep Chocolate Banana Cake yang Creamy dan Tips Anti Gagal

42 comments

  1. Aku juga suka banget camilan berbahan baku pisang. Banana bread ini salah satunya.
    Kalau beli roti di HB pun pasti milih yang isinya ada pisang. Entah itu pisang coklat keju, atau pisang coklat saja. Dalam minuman sop buah pun aku suka diisi pisang :D

    Trus, aku tuh suka baca resep banana pisang, kayak yang ambu share ini. Walaupun bikinnya entah kapan hihi. Kalau aku ke Jatinangor mampir tempat ambu, mau ya dibikinin banana bread :D

    ReplyDelete
  2. Banana bread ini enak banget, sih. Padat dan legit. Baru tau kalau justru dulunya makanan orang miskin, ya. Sampai dicampur dedak. Tapi dedak termasuk superfood sih karena bergizi tinggi

    ReplyDelete
  3. Banana bread sama bolu pisang sama nggak seh, anakku suka banget bolu pisang, tapi aku sering nggak ngembang pas bikinnya,mudah2an resep ini sukses yaa kalau praktek

    ReplyDelete
  4. aku sukaaaq bgt dgn banana bread.

    manis tapi engga eneg sama sekali.
    karang ibu mertuaku bikin.
    pake pisang yg udah kematengan gt

    ReplyDelete
  5. wih sampai ada National Banana Bread Day ya di Amerika, karena saking bersejarahnya kue berbahan pisang ini, walau disana bukanlah negara penghasil pisang.

    Sementara di negara kita, pisang selalu melimpah, dan bener kadang sampai busuk karena anak-anak bosan tiap hari dikasih camilan buah pisang

    ReplyDelete
  6. Kalau begini sih nggak ada lagi ceritanya ada pisang kematengen dibuang ya.. Bisa dibuat banana bread. Apalagi bikinnya juga nggak susah...

    ReplyDelete
  7. banana bread ini cocok untuk buka puasa yaa, dan bahan-bahan untuk membuatnya juga mudah ditemukan dipasar dan yang paling penting cara buatnya juga cukup mudah. wahh jadi tertarik pengen bikin nih buat buka puasa

    ReplyDelete
  8. Saya mengenal banana bread itu dari almarhumah mertua. Beliau bikin bolu pisang tuh enak banget. Anak saya (waktu itu masih balita) ketagihan sampe makan 1/2 loyang hahaha. Sampe sekarang masih keinget-inget. Kalo yang ini pinggirannya garing ya Mbak. Tampak menyelerakan juga.

    ReplyDelete
  9. Wah kalau tahu ada resep asik ini, kemarin bikin banana bread aja. Kemarin ada pisang eksekusi nya bikin bolu pisang karena pas ultah ponakan haha.
    Siip dah pankapan dicoba resep ini.

    ReplyDelete
  10. Enaknya udah pasti. Ternyata bikinnya juga gampang. Pengen bikin tapi nggak punya mikser. Bisa diakalin pakai apa ya Ambu?

    ReplyDelete
  11. baru kali ini menemukan situs trusted yang mengulas sejarah makanan, salah satunya banana bread. Masha allah, sekaligus bisa menjadi rujukan buat cerita ke anak-anak setiap belajar baking.

    ReplyDelete
  12. Wah, ternyata banana bread menjadi bagian dari sejarah Amerika ya Ambu
    Bahkan sampai ada hari khusus untuk memperingatinya

    ReplyDelete
  13. Ya ampun jadi pengen tetanggaan sama Ambu ..kan enak tiap hari bisa ada bau roti gitu heheh..btw Saya suka banget banana cake aroma banananya bikin ga berhenti ngemil lagi dan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah idem kak Bayu..
      Apalagi lihat deh foto yang terakhir, kan jadi tambah ngiler.
      Cuss kita janjian ke rumah Ambu, eh 😁

      Delete
  14. Saya doyan banget karena suka aroma pisang yang muncul. Dan yang pasti, emang mengenyangkan

    ReplyDelete
  15. Nah, sama nih ambu. Aku juga suka beli pisang. Sengaja nyisahin beberapa untuk dibikin pancake or cake .

    ReplyDelete
  16. Ternyata bikin sendiri mudah ya, Ambu. Aku seringnya beli banana cake udah jadi di toko kue Purimas. Jadi ngiler ni liat makanannya

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata, awal lahirnya banana bread dari pisang yang membusuk diolah jadi sajian yang enak, legit dan mengenyangkan...Asli, suka juga saya Ambu dengan olahan pisang satu ini.
    Apalagi di rumah camilan berbahan pisang laku sekali....bisa recook nih resepnya:)

    ReplyDelete
  18. Wah ternyata hanya butuh 1 butir telur aja untuk membuatnya. Keren bun tulisannya jadi tahu sejarahnya banana bread ini. Ternyata awalnya tu supaya bisa lebih hemat dengan memanfaatkan bahan pisang yang ada yaa. TFS.

    ReplyDelete
  19. di bandung ada bolu pisang yang jadi favoritku
    suka ada di angkot iklannya hihi..

    sekarang dapet resep banan bread dari ambu yang kayanya bahannya gak rumit jadi bisa direcook.

    menarik ternyata di amerika mulanya banana bread ini adonannya dulu menggunakan dedak gandum kebayang agak seret kayanya hehe

    ReplyDelete
  20. Cara enak menikmati buah pisang dengan di baking dan dijadikan Banana Bread.
    Sejarah panjang mewarnai perjalanan Banana Bread ini ya, Ambu.

    ReplyDelete
  21. Caranya gampang nih, jadi pengen coba bikin deh soalnya punya stok pisang di rumah..

    ReplyDelete
  22. Membaca ulasannya sambil nahan air liur nih, aku paling suka bolu pisang, banana bread, pokoknya olahan pisang yang ditambah palm sugar gitu, memang legit dan berkaramel. Aku jadi ingat suka beli pisang, pada males makan sampe kematengan gitu, eh pas dibuat bolu pisang langsung tandas sama anak-anak

    ReplyDelete
  23. Pas banget lagi suka bikin kue sama istri. Banana Bread bisa nih salah satu olahan untuk menu berbuka. Apalagi anak2 suka banget yang ginian

    ReplyDelete
  24. Memang bener sih kak... Aku juga klo buat banana cake itu pakai pisang sisa yang udah kematengan sayang aja klo kebuang😁 aku bari tau sejarahnya ini

    ReplyDelete
  25. Banana Bread ini memang kudapan yang cocok di segala suasana ya, Ambu. Kami serumah pun suka banget dengan Banana Bread, tapi dulu saya menyebutnya Banana Cake karena pakainya cetakan cake, bukan loaf pan.

    ReplyDelete
  26. Banana Bread Luvita Ho kaya akan sejarah ternyata ya kak.. Ada jejak-jejak perjuangan disana. Kalau olahan pisang memang enak, aku sering buat bolu pisang

    ReplyDelete
  27. banana bread ini memang selalu tak pernah gagal ya kak. seneng sih ketika membuatnya seluruh keluarga menyukainya jadi nggak terasa sia-sia

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, Mba. Banana bread ini pasti disukai oleh seluruh keluarga. Anakku selalu suka banana bread ini

      Delete
  28. Menikmati banana bread memang enak sekali. Di rumah menemukan case yang sama. Kadang langsung ludes, kadang pisangnya utuh aja di meja. Biar tidka terbuang biasanya istri kangsung mengokah menjadi cemilan, salah satunya bolu pisang. Nanti bisa nih dikasih resep banana bread ini. Makasih mbak

    ReplyDelete
  29. pernah bikin juga dan endeuusss bgt.
    aroma pisang menguar
    nikmaattt luar biasaaa

    ReplyDelete
  30. Keren banget ulasannya. Saya malah fokus ke ulasan tentang sejarah banana bread dan National Banana Bread Day yang justru diselenggarakan di Amrik. Hehehe.... apa aja kalo sudah disukai orang Amrik pasti bakal mendunia.

    ReplyDelete
  31. Bener banget, cake pisang ini sangat mudah dibuat. Biasanya ikut resep farah quinn yang simpel tapi enak. Sekarang pengen nyoba resep dari Luvita ho yang pakai tambahan kayu manis bubuk..pasti aromanya semakin menggugah selera.

    ReplyDelete
  32. Melihat kematangan bread nya yg sempurna, Hem, pasti wangi itu ...
    Nanti ada pisang matang dari kebun, mau dibuat bread juga ah ...

    ReplyDelete
  33. Banana Bread enak banget. Suka deh saya. Ternyata di America ada Hari Banana Bread Day. Biasanya sih ibuku yang bikin Banana Bread

    ReplyDelete
  34. Iya ya. Pisangnya bisa menggantikan posisi gula sebagai pemanis. Hasilnya jadi lebih natural dan tentu saja lebih sehat. Ah mendadak kangen dengan banana bread buatan almarhumah mertua. Enak, gurih dengan rasa yang pas banget. Cus ah hari ini banana bread jadi takjil buka puasa. Nanti cari di mall siang-siang.

    ReplyDelete
  35. Kebayang-bayang wanginya pas bikin banana bread ini Ambu..
    Apalagi dinikmati saat berbuka puasa dan masih hangat, mashaAllah~
    Ter DABEST!

    ReplyDelete
  36. enak banget ini mbak. Dari tampilannya yang menul-menul tuh menggoda banget. Mau dong cobain resepnya buat ponakan yang pada berkunjung pas lebaran nanti. ijin nyontek resepnya yaaa

    ReplyDelete
  37. Aku baru tahu kalau sebutannya bread, selama ini malah bilangnya cake juga siih hehehe
    Maklum lah ya, bukan yang tipe orang yang mempermasalahkan penyebutannya yang gimana..
    Btw, thanks kak resepnya, patut dicoba nih utk persiapan lebaran

    ReplyDelete
  38. Menarik sekali sejarahnya. tahun 1930 memang terjadi krisis ekonomi dunia yang harus membuat semua warga dunia mencari alternatif pengganjal perut. Et voila, muncul banana bread. Saya juga suka banget karena pada dasarnya saya pecinta pisang. Duli hampir tiap minggu beli setandan pisang karena anak-anak sudah remaja dan butuh banyak camilan.

    ReplyDelete
  39. Buah pisang sangat mudah diperoleh dan bisa jadi bahan baku untuk olahan kue, keripik, bolu, dll. Resep banana bread di atas sangat mudah dipraktekkan, cocok sih menu ini untuk lebaran..

    ReplyDelete
  40. Wah, aku baru tahu nih dengan sejarah Banana Bread ini. Aku sendiri suka banget dengan bolu pisang ini. Apalagi yang dibuat temenku. Aduh eta mah enak pisan Ambu. Udah dikasih resepnya, tapi aku gak bisa buatnya. Tetep aja enakan dia yang bikin. Hadeuh aku jadi ngacay nih. :D

    ReplyDelete