Resep Bolu Kukus Pisang Gagal dan 5 Jenis Pisang untuk Bolu/Cake

         
    

www.maria-g-soemitro.com

 

Bolu Kukus Pisang Gagal tapi Lezat Endolita

 

Gagal kok sombong?! Hahaha, dalam rangka menghibur diri nih. Hehehe …daripada sedih berkepanjangan. Karena suguhan bolu kukus pisang yang saya buat untuk pengajian, hasilnya gak mekar sempurna, hanya ketawa malu-malu.

Hiks, sebel!

Padahal biasanya hasil bolu kukus ngakak sempurna. Mungkin saking seringnya bikin bolu kukus, sambil tutup mata pun bisa (huhuhu….sombong! pantesan Tuhan marah, hehehe)😢😢

Begitulah, walau bolu kukus pisang-nya gak mau mekrok, tetap saya kirim ke masjid, dan Alhamdulilah habis! Katanya sih enak. Untuk rasa, resep bolu kukus pisang Luvita Ho memang pas.  Legit tapi gak terlalu manis. Bikin nagih, gak berhenti ngunyah, sampai bolu kukus di piring tandas tak bersisa.

Baca juga:
Resep Caramel Cake, Bolu Sophisticated Asli Indonesia

Resep Bolu Kukus Tape Singkong anu Raos Pisan!

Daftar Isi:

  • Recook Resep Bolu Kukus Pisang Luvita Ho, Rasanya Lezat Endolita
  • 5 Jenis Pisang yang Cocok untuk Diolah Menjadi Bolu Kukus Pisang
  • Resep Bolu Pisang Pisang Luvita Ho

Jadi, kok gagal bikin? Kok bolu kukusnya gak mekrok seperti biasanya. Saya duga, pikiran saya melanglang buana sewaktu sedang mengupas pisang.

“Sama-sama Kota Bandung kok pisangnya beda-beda!” Begitulah saya bergumam.

Sebelumnya, di rumah lama yang terletak di Kota Bandung bagian barat, saya hanya mendapati pisang ambon lumut untuk bahan baku cake/bolu pisang yang maknyus.

Sedangkan, di Kota Bandung bagian timur, saya sulit menemukan pisang ambon lumut, hanya tersedia pisang uli. Aneh ya? Satu kota kok berbeda, apakah distributornya berbeda?

Ingatan saya pun melanglang jauh keluar pulau Jawa, “Pisang apa yang banyak ditemukan di Sumatera, Kalimantan ……, ups kan ada Mbak Aisyah Dian, penulis Balikpapan. Bisa banget tuh minta info. Terlebih blogger cantik ini merupakan Travel blogger Balikpapan.”

Hihihi senang banget ya menjadi blogger? Bisa berjejaring dan mendapat wawasan baru hanya dari balik layar blog. Sehingga kisahnya unik-unik, berbeda dengan media mainstream yang cenderung datar dan standar. 
 

www.maria-g-soemitro.com
bolu kukus pisang dengan bahan pisang ambon lumut


5 Jenis Pisang yang Cocok untuk Diolah Menjadi Bolu Kukus Pisang

Merasa penasaran, saya pun mencoba mengumpulkan beberapa jenis pisang yang bisa diolah menjadi cake/bolu. Pisang sebagai bahan baku cake /bolu sangat berbeda dengan bahan baku pisang goreng, pisang molen dan kudapan sejenisnya yang membutuhkan pisang dengan tekstur keras (“nyakrek” menurut istilah urang Sunda).

Pisang yang akan diolah menjadi kue harus bisa dilumat/dihancurkan hingga berbentuk bubur/puree. Umumnya termasuk jenis pisang cuci mulut, atau bisa disantap langsung.

Namun kematangan pisang harus pas, karena jika kurang masak, rasa pisang akan terasa sepat. 

Ciri pisang masak optimal bisa dilihat dari kulitnya yang kuning cantik. Sesudah melewati masa matang sempurna, kulit pisang akan berganti coklat/hitam yang dimulai diwarnai bintik-bintik coklat. Tekstur pisang pun semakin lunak/benyek, tapi rasanya semakin manis.

Pisang benyek yang gak lagi cantik inilah yang paling tepat untuk diolah menjadi cake, muffin, bolu kukus, dan olahan lain yang mengharuskan pisang dilumatkan sebelum dicampur dengan bahan lain.

Karena harus dilumatkan, beberapa jenis pisang gak cocok diolah menjadi bolu kukus, misalnya pisang tanduk, pisang nangka, serta jenis pisang lain yang sering diolah menjadi pisang goreng/pisang molen. Selain teksturnya keras, jenis pisang ini umumnya tidak ‘wangi’.

Berikut ini beberapa jenis pisang yang bisa diolah menjadi bolu kukus:

  

www.maria-g-soemitro.com
sumber: shopee.co.id

Pisang Ambon

Ada 2 jenis pisang ambon yang beredar di Bandung, yaitu pisang ambon putih dan pisang ambon lumut. Disebut pisang ambon lumut karena warnanya hijau berbintik hitam.

Rasanya jauh lebih manis dibanding pisang ambon putih, karena itu pisang ini lebih banyak dicari dibanding pisang ambon putih.

 

www.maria-g-soemitro.com
sumber:blog.sayurbox.com

Pisang Cavendish. 

Sebelum banyak dijual di supermarket, saya mengenalnya sebagai pisang ambon (saja). Dulu, almarhum ibunda sering banget menyajikan pisang ambon kuning ini di meja makan.

Mungkin karena bentuknya yang memikat, banyak petani membudidayakan pisang Cavendish. Perlakuan pasca panen pun prima, sehingga pisang ambon kuning bisa menembus proses seleksi supermarket.

 
www.maria-g-soemitro.com
sumber: blog.sayurbox.com

Pisang Raja.

Ada 2 jenis pisang raja yang beredar di Bandung, yaitu pisang raja dan pisang raja sereh. Kulit pisang raja sereh lebih tipis dan rasanya lebih premium, tak heran raja sereh dihargai lebih mahal dan lebih banyak beredar di wilayah tertentu. 

 

www.maria-g-soemitro.com
sumber: blog.sayurbox.com


Pisang Uli

Sepintas mirip pisang raja sereh, bentuk pisang uli lebih besar, dan tekstur bagian tengah lebih keras dibanding pisang raja sereh.

Saya sangat suka pisang uli yang sangat masak hingga kulitnya kehitaman. Berbeda dengan pisang ambon yang saat terlalu matang, teksturnya menjadi benyek, pisang uli tetap nyakrek/agak keras, namun rasanya sangat legit. Sejak berkenalan dengan pisang muli, saya enggan pindah ke lain hati.😀😀

  

www.maria-g-soemitro.com
sumber:specialtyproduce.com

Pisang Mas

Berbentuk bulat mungil dan berwarna kuning cantik membuat pisang mas banyak disajikan kala resepsi pernikahan/khitanan. Harganya cukup murah, karena itu di Pasar Ciroyom Bandung, jenis pisang ini dijual dalam bentuk tandan.

Kulit pisang mas cukup tipis, dan rasanya sangat manis, sehingga tepat banget dijadikan bahan baku cake/bolu.

Selain 5 jenis pisang di atas, ada beberapa jenis pisang lainnya yang sangat cocok untuk langsung disantap, sekaligus bisa diolah menjadi kudapan. Salah satunya buah barangan yang setahu saya berasal dari Medan

Sayang, saya hanya bisa membeli pisang barangan saat di Jakarta. Pernah ngubek-ngubek di Pasar Caringin Bandung, dan tidak menemukan pisang barangan. Padahal Pasar Caringin terkenal dengan jenis sayuran/buah-buahannya yang sangat lengkap. Pasar ini merupakan pusat pasar tradisional Bandung, sehingga hanya menjual grosiran, atau dalam kotak kayu yang berisi lebih dari 10 kg.

 

www.maria-g-soemitro.com
bolu kukus pisangnya gak mau ngakak😭😭


Resep Bolu Pisang Pisang Luvita Ho

Banyak jebolan Master Chef Indonesia (MCI) yang memiliki akun di YouTube, tapi hanya Luvita Ho dan Devina Hermawan yang sukses membangun channelnya. Tentu saja ini opini saya pribadi. Keduanya selalu konsisten mengunggah konten dan setiap resep dijabarkan dengan cermat.

Penting banget penjelasan secara rinci ya? Karena Misalnya, apa alasan resep ini memakai minyak goreng? Atau mengapa dibubuhkan tepung terigu dalam campuran tepung tapioka? Atau bumbu ini boleh diskip lho, dan seterusnya.

Padahal setahu saya, di saat merintis channel, Luvita Ho mengerjakan semua urusan, gak punya team seperti Devina Hermawan. Karena itu saya kesel banget dengan konten salah satu pemenang kedua MCI yang terkesan seadanya, suaranya hilang timbul dan juru kamera nya nongol-nongol. Duh ngeditnya gimana sih ini, gak niat banget. 😀😀

Ok, sebagai obat kesel, kita santap saja bolu kukusnya Luvi yang lezat endolita ini. Oh iya, kemungkinan lain bolu kukus pisang saya gak mekar, karena mengganti air dengan santan. Rasanya lebih legit sih, tapi kurang mekrok.

Jadi, dibawah ini resep aslinya Luvita Ho ya.
  

www.maria-g-soemitro.com


Resep Bolu Kukus Pisang Luvita Ho

Bahan Bolu Kukus Pisang

  • 2 buah pisang ukuran sedang (kupas dan lumatkan)
  • 1 butir telur
  • 130 ml air
  • 140 gr gula pasir
  • 250 gr tepung terigu protein rendah/kue
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1/4 sdt bubuk kayu manis
  • 45 gr minyak sayur
  • secubit garam

Cara Membuat

  1. Siapkan air dalam kukusan/steamer, jerang kukusan supaya siap digunakan.
  2. Siapkan cetakan bolu kukus dan alasi dengan papercup. Satu resep menghasilkan sekitar 15 bolu kukus ukuran sedang.
  3. Dalam sebuah wadah, campur bahan kering: tepung terigu, baking soda, baking powder, kayu manis dan garam, aduk rata, sisihkan.
  4. Lumatkan pisang, campur rata dengan air dan minyak goreng, sisihkan.
  5. Campur telur dan gula dengan menggunakan whisk (kocokan telur), atau bisa juga menggunakan garpu. Jika telah tercampur rata, tambahkan adonan kering dan bubur pisang secara bergantian sampai rata.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga tuntas
  7. Kukus bolu kukus dengan api besar selama 15-20 menit.
  8. Setelah matang, sajikan dengan teh hangat.


Baca juga:
Mumpung Gratis, Yuk Kunjungi 5 Destinasi Wisata Bandung dengan Teman Bus

Resep Bolu Kukus Mekar Anti Gagal, Dari Luvita Ho untuk Pemula

30 comments

  1. Setuju, Ambu. Kalau pilih pisang buat bolu mesti pas, kalau kurang matang sepat, kalau kematangan bikin tekstur jadi enggak cantik..
    Dan ini kesukaan saya, bolu kukus pisang. Diolah apapun kalau pisang di rumah lakuuu. Bisa nih dicoba resep bolu kukus pisang dari Luvita Ho

    ReplyDelete
  2. Pisang adalah makanan (buah) favorit saya. Apapun jenisnya. Kudapan yang ada pisang nya juga kesukaan saya banget... Boleh dong Ambu, sekali-kali kirim bolu kukus pisangnya ke rumah... tapi yang mekrok sempurna menggoda selera ya

    ReplyDelete
  3. Kalau saya sering bikin bolu kukus pisang pakai Pisang Lilin Ambu. Ga tahu deh namanya di daerah lain. Yang jelas teksturnya gampang dihaluskan dan rasanya manis Jd saya sering kurangi jumlah gula.dibanding versi asli resepnya.

    Boleh di recook nih resepnya Luvita.

    ReplyDelete
  4. Semua yang berbahan dasar pisang saya suka, jadi meski gagal klo di depan saya pasti habis tuh, ambu hehee...

    Apalagi meski gagal tapi tetep enak kan 👍

    ReplyDelete
  5. Emang sebel banget rasanya kalau gagal bikin bolu. Kecewa aja sama diri sendiri. Aku pernah di posisi itu. Dan tentunya tetap habis karena rasanya nggak berubah. Masih sama-sama enak walau bentuknya nggak sesuai ekspektasi. Hehe

    ReplyDelete
  6. Aku selama ini ga pernah merhatiin pisang ambon, ternyata ada ambon putih dan pisang ambon lumut. Kayaknya yang sering aku lihat itu ambon lumut. Pisang ambon tuh jarang aku beli, ambu. Karena di sini yang jualnya sisiran. Gak bisa satuan kayak cavendish. Kalau beli pisang ambon pasti sering nyisa banyak, sampe kulitnya berubah warna, udah lembek dan kematengan. Kalau ada ibuku, biasanya dicampur tepung, trus dihaluskan, dan digoreng jadi gegodo :)) Kadang-kadang bolu kukus juga. Akunya nih yang belum pernah bikin bolu kukus pisang. Keliatannya mudah karena ambu aja sampe bisa bikin sambil merem wkwkw. AKu cobain ya.

    ReplyDelete
  7. Pisang adalah buah yang paling sering ada di rumah karena murah dan panen sepanjang tahun ya kayak pepaya, pisang juga mudah diolah dan dikreasikan supaya anak suka. Kalo akunsuka pisang cavendish sih ambu heheu dann belum bikin bolu kukus nih ala Lubita Ho, rajin banget Ambu jadi inget mama, klo buat bolunjadi harus yg pas ya

    ReplyDelete
  8. Sy belum pernah nyoba buat bolu kukus pisang, pas bgt nih ada resep dr Luvita Ho, mau ikutan nyoba, meski gagal tp rasanya maknyos ya Ambu 😊

    ReplyDelete
  9. Resep bolu kukusnya boleh dicoba bersama keluarga di rumah untuk dipraktikkan

    ReplyDelete
  10. Ambuuuu, saya nggak suka masak terutama baking, tapi sering banget baking atau paling nggak ngukus bolu pisang (namanya bolu pisang, tapi kalau matang jadinya kek brownies pisang, saking bantetnya wakakakak).

    Dan biar kata bantet, kalau kue dengan bahan pisang itu menurut saya nggak pernah gagal deh, mungkin kurang cantik aja sih penampilannya, tapi rasanya selalu enak :D

    Btw, saya justru make pisang apa aja, dan kebanyakan pisang yang saya pakai itu pisang yang kulitnya udah hitam alias sayang aja kalau pisangnya dibuang, pasti saya campur tepung, telur, margarin, susu dll, lalu masukan cetakan, lalu kukus atau panggang.
    hasilnya, jadilah kue pisang yang bantet, tapi diserbu sama anak-anak wakakakak

    ReplyDelete
  11. Semoat juga sama istri bikin bolu pisang, enak banget. Rasa pisnagnya kerasa banget. Mau hangat atau dingin tetap menggugah selera.

    ReplyDelete
  12. infonya lengkap banget, Ambu.
    Karena aku juga kalau mau baking, suka meraba-raba, Ini pisang cocok gak ya..buat bikin kue?"
    Karena rasa pisang asli gakkan bisa nipu dengan rasa pisang esence yaa, Ambu.

    Suka banget sama penampilan Bolu Kukus Luvita Ho yang di recook sama Ambu.
    Mungil, cantik dan beneran sekali "hap" nambah lagi.. ((ga bisa berenti))

    ReplyDelete
  13. Waaah jadi tahu jenis-jenis pisang yang cocok buat dijadikan bolu kukus nih. Otewe catetin biar enggak salah pilih hehe. AKu baru tahu juga ada yang namanya pisang barangan Ambu. Aku juga izin catetin bolu kukus pisangnya resepnya buat direcook nanti

    ReplyDelete
  14. Kebetulan aku punya pisang uli agak kematengan nih, nanti mau coba resep bolu kukus pisang yang mekar kaya gitu, terimakasih tipsnya

    ReplyDelete
  15. bolu kukus adalah kue kesukaanku, apalagi kalo manisnya pas. Mamaku juga pernah bikin bolu kukus gak mekar, tapi saya tetap makan karena memang suka, hehehe

    ReplyDelete
  16. Boleh pakai pisang yang sudah kematangan juga ya? Daripada dibuang sayang, dibikin bolu kukus kayaknya endulita

    ReplyDelete
  17. aku juga suka ngikutin resep yang ada di channelnya Luvita Lo... eh.. sama devina hermawan juga sih. Tapi sekarang malah suka buka channelnya Cheche sih

    ReplyDelete
  18. Keren banget mbak bisa mekar bolkus nya apalah aku tiap buat bolkus mingkem melulu hasilnya..ampe stress sendiri hihihi kayaknya mau coba juga deh pake resep ini semoga mekar ya bolkus buatan aku hihi

    ReplyDelete
  19. Pengetahuan saya tentang dunia perpisangan jadi makin luas. Terima kasih resep bolu kukus pisang Luvita Ho, nanti dipraktekkan. Saya juga sering gagal kalo buat kue. Yang penting rasa ketimbang rupa...ha..ha.

    ReplyDelete
  20. Gagal tapi tampilannya masih lumayan oke ya mbak, duh jadi pengen recook juga nih. Kayaknya enak buat camilan.

    ReplyDelete
  21. pisangnya keliatan lezat banget :D langsung mau recook ah, terima kasih resepnya ya kak

    ReplyDelete
  22. Dibandingkan masak menu makanan berat, aku lebih suka bikin kue dan roti. Entah kenapa suka aja. Dan aku mau coba resep yang digunakan mba Maria juga ah.

    ReplyDelete
  23. Kak, saya kepo Bandung timurnya dimana? karena saya juga domisili di Bandung timur, hehehe. baru tahu loh saya ternyata beda pisang beda threathment dan beda pula ketika digunakan untuk bikin kue. kecuali pisang nangka ya udah jelas itu mah buat pisang goreng, hehehe. saya selalu pakai pisang lumut sih buat kue bolu pisang, hehehe

    ReplyDelete
  24. Ternyata pisang yg biasanya untuk pisang goreng, bisa divariasikan buat bolu ya kak. Cemilan begini sambil nonton tv pasti cepat habis hehe.

    ReplyDelete
  25. Hihi yang penting bisa dilahap ya Mbu. Akupun beberapa kali "gagal" tapi selagi bis dimakan enak enak aja hehe. Btw aku ga hafal nama dan bentuk fisik pisang. Cuma taunya makan XD

    ReplyDelete
  26. Buat bolu pisang emang paling pas pisangnya kudu matang atau kematangan sekalian biar rasa manis legitnya dapet ya Ambuu.
    Pisang ambon lumut itu apa sama seperti pisang ijo?
    Tak apa tak mekrok, yang penting rasanya maknyuss.
    Biasanya ngga bisa mekrok itu kenapa ya Ambu? Apa karena baking soda dan baking powdernya kelamaan?

    ReplyDelete
  27. Aku di sini kalau beli ambon lumut mba rasanya emang manis beda dengan pisang lainnya nah kalau pisang tanduk emang ga cocok ya mba dipake bolu biasa kupake buat gorengan atau dikukus

    ReplyDelete
  28. Saya beberapa kali nyoba bikin bolu pisang ini masih belum berhasil juga, mbak. Padahal ibuku tiap hari bikin bolu pisang buat jualan. Hihi. Kayaknya kunci dari bolu pisang ini di Baking soda biar dia bisa mengembang

    ReplyDelete
  29. Seperempat kilo terigu bisa jadi bolu dalam jumlah yang lumayan banyak juga ya Nyi..save dululah Resepnya. Pengen nyobain recook nanti..makasih Resepnya Nyi

    ReplyDelete
  30. ngakak ama judulnya. Biasanya org tulis resep praktis, resep mudh. Ini resep gagal kwkwkw. Tapi menarik juga ini jadi tahu pilihan pisang yang tepat.

    ReplyDelete